Maknai HUT RI ke-76, Bupati Berharap Mahulu Kembali Zona Hijau

Caption: Bupati Mahulu saat menyerahkan bendera merah putih yang dikibarkan paskibrakan dari putra putri terpilih siswa SMA Long Bagun, Selasa (17/8/2021)

Caption: Bupati Mahulu saat menyerahkan bendera merah putih yang dikibarkan paskibrakan dari putra putri terpilih siswa SMA Long Bagun, Selasa (17/8/2021)

MAHAKAM ULU, Swarakaltim.com – Bupati Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, sukses memimpin pelaksanaan peringatan hari ulang tahun republik Indonesia ke-76 Tahun 2021, dengan tema Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, yang dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19, di lapangan Kampung Ujoh Bilang, Selasa (17/08/2021)

Walau pelaksanaan upacara pengibaran bendera Merah Putih dengan protokol kesehatan dan peserta upacara dibatasi, serta diwajibkan menggunakan masker. Namun pelaksanaan pengibaran bendera merah putih tetap berjalan dengan lancar dan hikmat.

Dalam peringatan HUT RI ke76 ini, bertindak sebagai komandan upacara Letda Inf Besrin Simaremare dan selaku perwira upacara Lettu Inf I Wayan Sudiarsa, serta Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, membacakan teks proklamasi yang berkumandang di Bumi Urip Keriman tersebut.

Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, membacakan teks proklamasi yang berkumandang di Bumi Urip Keriman tersebut, Selasa (17/8/2021)

Sedangkan pengerek bendera merah putih Fransiskus Roberto, Rizky Bintang Taruna, Nicholas Rey Junio Bayo, pembawa bendera Rika Debriana Dau, Natalia Christi dan Rissa Aprila Cristianty, merupakan keenam putra putri terbaik mahulu ini berasal dari SMAN Long Bagun.

Bupati Mahulu yang ditemui seusai upacara mengatakan memaknai kemerdekaan  dalam peringatan HUT ke-76 RI ini sebagai tanda kebebasan sebuah bangsa dari sebuah tekanan penjajahan dan pandemi covid-19, dianggap sebagai bentuk penjajahan terhadap bangsa Indonesia.

“Kasus pendemi ini di Kabupaten Mahulu sudah sangat drastis turunnya, setelah itu kita berharap bisa kembali menuju zona hijau lagi. Sehingga bisa dikatakan kita merdeka dari covid-19 untuk selamanya,” tutur Bonifasius kepada wartawan usai peringatan HUT RI ke-76 di Ujoh Bilang.

Menurutnya angka penyebaran covid-19 di Mahulu telah menunjukkan tren positif, sudah banyak pasien yang dinyatakan sembuh dan hanya ada kurang lebih 60 orang yang masih dirawat saat ini di beberapa lokasi karantina terpusat yang ditetapkan oleh Pemkab Mahulu.

“Saya menghimbau agar seluruh warga Kabupaten Mahulu tetap mematuhi pada protokol Kesehatan 6M. Kemudian taat dengan aturan yang dibuat pemerintah, mau diswab dan mau mengikuti program vaksinasi,” imbau Boni.

Untuk diketahui upacara peringatan HUT RI ke-76 tahun 2021, diikuti Wakil Bupati Mahulu, Yohanes Avun, Sekretaris Daerah Stephanus Madang, Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, Asisten Bidang Pemerintahan dan Humas Dodit Agus Riyono, Asisten II Bidang Sosial, Ekonomi dan Pembangunan E. Tek Hen Yohanes.

Serta diikuti Komandan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 614/Rjp Letkol Inf Indar Irawan, juga beberapa Kepala Perangkat Daerah dilingkungan Pemkab Mahulu, Kapolsek Long Bagun AKP Purwanto, Danramil 03/Long Bagun Lettu Inf I Wayan Sudiarsa.

Setelah menggelar upacara di lapangan Ujoh Bilang, Bupati dan Wakil Bupati Mahulu kembali mengikuti upacara peringatan HUT RI ke-76 detik-detik proklamasi kemerdekaan republik Indonesia yang dilaksanakan di Istana Merdeka secara virtual.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi

Bagikan:

Related posts