Ketua DMI Samarinda Tutup Usia, Paginya Sempat Ikut Majelis Taklim Subuh di MAPS

Almarhum Syafruddin saat menyampaikan laporan ketua masjid saat shalat Idul Adha tahun ini

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Samarinda kembali berduka. Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) kota Samarinda yang juga ketua Masjid Agung Pelita Samarinda (MAPS) H Syafruddin AH bin H Amir Husin menghembuskan nafas terakhirnya di usia 72 tahun, pukul 10.30 WITA Minggu (5/9/2021) di Rumah Sakit Haji Darjad.

Almarhum sempat menghadiri pernikahan yang dilalukan di masjid Agung Pelita pada pukul 07.30 . Dalam proses pernikahan, sekitar pukul 09.00 Wita, almarhum mendadak mendapat serangan jantung. Sempat dilarikan di RS Haji Darjad, akhirnya pada pukul 10.30 oleh tim dokter yang menanganinya dinyatakan meninggal dunia.

Bahkan sebelumnya seusai bada shalat Subuh, almarhum pun sempat mengikuti majelis taklim Subuh di masjid Agung Pelita ini.

“Ya Allah, pagi tadi beliau masih sempat berpesan ke ulun, kata beliau mumpung saya masih ada umur, saya kepingin selesaikan pembangunan pendopo kita ini. Ternyata Allah berkehendak lain,” ucap Tajuddin Husen salah satu jemaah masjid dan juga pengurus masjid Agung Pelita.

“Ternyata tadi pagi foto terakhir kami bersama. Saya bersaksi, beliau orang baik, semoga husnul khatimah, dan keluarga yg di tinggal diberi ketabahan oleh Allah SWT,” ucap Tajuddin yang seharinya bekerja di Dinas PUPR Samarinda.

Menurut informasi dari keluarga dan pengurus masjid Agung Pelita, almarhum akan dikebumikan pada Senin 6 September 2021 yang disemayamkan terlebih dulu di kediamannya Jalan Kemakmuran Komplek Pelita 3 no 18, Samarinda.

Sosok almarhum sendiri diketahui bersama begitu melekat dalam kegiatan sosial keagamaan. Setiap harinya disibukkan dengan rutinitas dalam memakmurkan MAPS.

Selama menjabat sebagai ketua MAPS yang memasuki dua periode, berbagai kegiatan di masjid seperti peringatan keagamaan, majelis taklim, pemberian santunan kepada anak yatim piatu hingga pembangunan rehabilitasi masjid Agung Pelita, terus dilakukan.

Melalui almarhum yang dikenal luas di birokrasi pemerintah daerah propinsi Kaltim, memudahkan dalam pencarian dana untuk pembangunan dan memakmurkan masjid yang berada di jalan Pelita ini.

Melalui almarhum pulalah , mulai dari Wagub Hadi Mulyadi, walikota Samarinda Andi Harun dan walikota sebelumnya sering hadir di masjid ini.

Belum selesai semua pekerjaan sosial dalam membangun Masjid Agung Pelita Samarinda, Allah nampaknya lebih sayang kepadanya.

Hingga akhir hayatnya, masih menjabat sebagai Bendahara Umum KONI Kaltim. Selain itu, almarhum juga telah direncanakan akan berangkat ke Papua pada pelaksanaan PON tahun ini.

Almarhum semasa hidupnya juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, Kadis Sosial Kaltim, Sekwan DPRD Kaltim dan pernah bertugas pula di Dispenda Kaltim. (dho)

Editor : Redaksi

Publisher : Alfian

Bagikan:

Related posts