Faisal: Jangan Lagi Kembangkan Aplikasi Pengaduan, Cukup SP4N-LAPOR!

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Faisal mengatakan Perangkat Daerah jangan lagi mengembangkan aplikasi pengaduan selain LAPOR!

Demikian disampaikan saat menjadi Narasumber dalam Fokus Grup Discussion Keterbukaan Informasi Publik di Hotel Mercure, Rabu (8/9).

“Aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) diluncurkan sebagai aplikasi umum bidang pengelolaan pengaduan pelayanan publik,” katanya.

Menurutnya dengan adanya Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) LAPOR! tidak usah lagi mengembangkan aplikasi pengaduan lain, karena SP4N-LAPOR! cepat penanganan setelah permohonan diterima, admin Pusat akan meneruskan ke Kaltim untuk ditangani.

Lanjutnya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur sudah bagus dalam menangani  pengaduan masyarakat melalui SP4N-LAPOR!

“Dari Bulan Januari – Agustus 2021 Kalimantan Timur sudah menerima 185 aduan dengan rincian dua yang belum ditindaklanjuti, empat proses, dan 179 sudah diselesaikan. Jadi dapat disimpulkan sinergitas antar Perangkat Daerah dalam penyelesaian pengaduan dan layanan publik berjalan dengan baik,” lanjut Faisal.

Layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat Indonesia melalui kanal pengaduan yaitu website www.lapor.go.id, sms 1708  serta aplikasi mobile Lapor!  (Android dan iOS).

“Saya berharap setelah adanya Kesepakatan Bersama, percepatan penerapan Aplikasi SP4N LAPOR! dapat maksimal dan rencana aksi yang disepakati berjalan dengan baik sehingga percepatan pembangunan dari masukan partisipasi masyarakat semakin meningkat,” tutup Faisal. (dho)

Bagikan:

Related posts