Sinergitas LKPN Pusat dan Kaltim, Komitmen Giring Program Prioritas Daerah

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Lembaga Kemitraan Pembangunan Nasional (LKPN) Pusat melakukan pertemuan bersama LKPN Kaltim, di hotel Aston Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (30/9/2021).

Pertemuan ini dihadiri Sekjen LKPN Pusat Dr Samudra dan Hj Marwah Yunus. Dari LKPN Kaltim sendiri, langsung dihadiri Ketua DPD LKPN Kaltim Dr Ir H Zairin Zain MSi.

Pertemuan ini dalam rangka sinergitas antara LKPN Pusat dan LKPN Kaltim untuk turut berpartisipasi mewujudkan Ibu Kota Negara (IKN) baru. Tak hanya itu, LKPN Pusat juga siap dalam membantu Kaltim menggiring program prioritas daerah, khususnya kabupaten/kota.

Seperti yang dilakukan LKPN Pusat bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser. Dimana kedua belah pihak telah mempunyai Memorial of Understanding (MoU), mengenai 9 program prioritas. Salah satunya, lampu penerangan, peningkatan SDM, dan investor batu bara.

“Sudah ada pertemuan dengan Pemkab PPU, terkait dengan peningkatan SDM di PPU dalam rangka persiapan IKN,” jelas Samudra.

Hasil MoU di masing – masing daerah ini akan ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dan investor yang akan dilaksanakan di Singapura.

LKPN Pusat juga melakukan pertemuan dengan Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi. LKPN Pusat membahas hasil tinjauan lapangan ke 2 kabupaten tersebut.

“Penjelasan visi dan misi LKPN yang akan bermitra dengan Pemerintah Pusat, provinsi dan kabupaten/kota dalam menggiring proram prioritas dan potensi daerah,” ucap Samudra.

LKPN juga menyatakan akan membantu fasilitasi percepatan pembangunan IKN dalam penyediaan kebutuhan SDM dan material melalui kerjasama dengan beberapa provinsi di sekitar Kaltim, Sulawesi, agar tak ada monopoli kepentingan.

Sementara Ketua LKPN Kaltim mengapresiasi atas program yang dicanangkan LKPN Pusat. Ia mengatakan dengan adanya kerjasama bersama LKPN Pusat akan mempercepat terwujudnya IKN di Benua Etam ini.

“Saya sangat mendukung program dari LKPN Pusat. Adanya kerjasama ini menjadi komitmen bersama dalam mewujudkan IKN di Kaltim,” pungkas mantan Pj Walikota Samarinda ini. (dho)

Bagikan:

Related posts