Kwartir cabang Gerakan Pramuka Balikpapan, Berkontribusi Membantu Pemerintah

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Pemberian Tanda Penghargaan Orang Dewasa (TPOD) dari Panca Warsa satu sampai sembilan diharapkan dapat menjadikan motivasi. Bukan hanya itu, kwartir cabang gerakan pramuka terus berkontribusi kepada pemerintah kota.
Demikian diungkapkan Staf Ahli Sekretariat Daerah kota Balikpapan, Arbain Side usai pelantikan calon Pramuka Garuda serta memberikan penghargaan kepada kwartir cabang kota maupun ranting di Gedung Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Balikpapan, Rabu (10/11/2021).

“Peran serta kwartir cabang gerakan Pramuka kota Balikpapan telah banyak membantu pemerintah kota Balikpapan. Ada beberapa program yang sangat rutin dilakukan oleh kwartir cabang gerakan Pramuka yang berkaitan dengan masalah lingkungan.Bahkan, keterlibatan dalam pelaksanaan pandemi seperti penyemprotan disinfektan pun dilaksanakan,” kata Arbain.

Arbain menjelaskan, tentunya atas nama Pemerintah Kota Balikpapan mengucapkan terima kasih kepada kwartir cabang gerakan Pramuka kota Balikpapan yang saat ini telah berkontribusi kepada pemerintah. “Diminta kepada jajaran gerakan pramuka di Kota Balikpapan turut serta melihat situasi kondisi wilayah tanpa adanya perintah, apabila terjadi hal hal yang tidak diinginkan seperti bencana,” ujarnya.

Lanjut Arbain, pendidikan Pramuka di Sekolah sangatlah penting untuk dapat dijadikan pembelajaran tambahan. Untuk itu, peran guru diperlukan untuk bisa dijadikan persyaratan khusus bahwa setiap pembelajaran ada pembelajaran pramuka. “Diminta kepada orang tua kalau anaknya menginginkan masuk ke Pramuka agar di perbolehkan. Pasalnya, sangat bermanfaat sekali untuk melatih diri anak menjadi disiplin,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Kwartir Cabang Kota Balikpapan Budi menjelaskan,sebanyak 44 orang menerima penghargaan TPOD semua dari pembina. Sedangkan, pelatikan Garuda itu berjumlah 41 orang. Pelantikan calon Pramuka Garuda hingga memberikan penghargaan kepada kwartir cabang kota maupun ranting ini, adalah rangkaian dari memperingati Hari Pahlawan Nasional tahun 2021.

“Adapun pelantikan garuda ini tingkatan tertinggi di Pramuka baik di siaga, penggalang, penegak mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).Dilanjutkan oleh penerimaan Tanda Penghargaan Orang Dewasa (TPOD) dari panca Warsa satu sampai Sembilan,” katanya.

Budi mengaku, sebagai kwartir cabang pramuka kota Balikpapan menghimbau, semoga ini sebagai motivasi untuk pramuka-pramuka lain baik peserta didik maupun para pembina. Selama pandemi Covid 19 diakui, tidak ada kegiatan Pramuka secara tatap muka. Rencananya pada PPKM level II baru akan mengadakan kegiatan.(SIS)

Loading