Pembangunan Kantor Kejari Balikpapan Terus Berjalan, Anggaran Sebesar Rp 55 Miliar

Loading

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Pemerintah kota Balikpapan melalui Dinas Pekerjaan Umum kota Balikpapan mengalokasikan dana dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Pemerintah Provinsi dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kota Balikpapan untuk pembangunan Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) sebesar Rp 55 Miliar. Proses pengerjaan pembangunan kantor Kejari Balikpapan beralamat di Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Gunung Bahagia Kecamatan Balikpapan Selatan itu, sudah berjalan sejak pertengahan tahun 2021, kini pengerjaan mencapai sekitar 60 persen.

Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Kota Balikpapan Andi Yusri Ramli mengatakan, anggaran pembangunan Kantor Kejaksaan Negeri diperoleh dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Pemerintah Provinsi sebesar Rp 10 miliar dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan sebesar Rp 45 miliar.
“Kami menargetkan pengerjaan pembangunan tersebut harus terselesaikan pada akhir tahun 2021. Pasalnya, kontrak yang berlaku tahun tunggal akan tetapi jika pengerjaan belum terselesaikan tahun ini maka akan diberi kesempatan dengan catatan didalam kontrak tertulis pemberian kesempatan dengan denda,” kata Kepala DPU Balikpapan, Andi Yusri Ramli, Kamis (12/11/2021).
Ramli menjelaskan, apabila dalam pelaksanaan proyek kejari tidak terselesaikan pada akhir 2021 ini, maka telah tercantum pada aturan bahwa dapat diberi kesempatan jika bisa diselesaikan maksimal selama 50 hari dengan denda. “Kami optimis pengerjaan pembangunan akan rampung pada akhir tahun ini dan akan terus melakukan evaluasi perkembangannya. Karena berdasarkan pengalaman, ada beberapa kegiatan bahwa penilaian banyak pihak sulit untuk diselesaikan. Namun, dapat terselesaikan dengan evaluasi secara terus menerus,” tegasnya.
Lanjut Ramli, ada beberapa hal yang perlu dijaga untuk bisa mencapai target pengerjaan tahun ini diantaranya ketersediaan meterial, tenaga kerja harus cukup kalau perlu ditambah, waktu kerja ditambah. “Kami akan melihat sampai akhir bulan ini, progresnya seperti apa, sehingga akan di evaluasi.
Kini Kantor Kejaksaan Negeri Balikpapan selama masa pembangunan beralih di Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Prapatan Kecamatan Balikpapan Kota tepatnya di Melawai. Rencananya usai pembangunan selesai, nantinya akan ada proses mekanisme hibah antara Pemerintah Kota Balikpapan dengan Kejaksaan Negeri. “Kantor kejari selama proses pembangunan pindah di Jalan Jenderal Sudirman tepatnya di Melawai,” tutupnya(SIS).