Tidak Lama Lagi, PSHT Kubar Bakal Mensahkan 210 Pesilat Sabuk Putih

Caption: Ketua PSHT Pusat Madiun Cabang Kubar, Suparlan S.Pd,I saat diwawancarai awak media di Sendawar, Minggu (12/6/2022)

SENDAWAR, Swarakaltim.com – Perguruan pencak silat Persaudaran Setia Hati Terate (PSHT) Pusat Madiun Cabang Kutai Barat (Kubar), telah menggelar tes kenaikan sabuk hijau ke sabuk putih beberapa waktu lalu.

Prosesi tes kenaikan sabuk itu menjadikan 210 siswa menuju selangkah lagi, agar bisa disahkan menjadi warga tingkat 1 PSHT Pusat Madiun Cabang Kubar. Hal itu diterangkan Ketua PSHT Pusat Madiun Cabang Kubar, Suparlan, S.Pd,I dalam perapatan cabang tahun 2022 di Sendawar, Minggu (12/6/2022).

“Tahun ini PSHT Pusat Madiun Cabang Kubar, akan meluluskan 210 siswa yang lolos ketingkat sabuk putih, yang akan disahkan pada Juli mendatang. Hal ini menandakan kenaikan jenjang dari semangat setiap latihan para siswa di 44 rayon yang berada di 13 ranting kecamatan,” jelas Suparlan.

Tidak hanya itu, Suparlan yang juga Ketua DPC Ansor Kubar ini juga membeberkan, bahwa selama dua periode (10 tahun) memimpin PSHT Pusat Madiun Cabang Kubar, dirinya bersama anggota pengurus lainnya, telah berhasil memiliki 2 hektare tanah yang akan dibangun sebagai padepokan.

“Selama ini kita telah memiliki dua lokasi lahan diwilayah Kecamatan Melak dan Kecamatan Sekolaq Darat di Kampung Joleq, yang isnyaallah akan kita bangun padepokan sebagai sentra pendidikan siswa PSHT Pusat Madiun Cabang Kubar,” tutur Suparlan.

Suaprlan mengakui, semenjak dirinya memimpin PSHT Pusat Madiun Cabang Kubar sejak 2014 lalu, baru terbentuk 4 ranting anak cabang, yakni di Kecamatan Melak, Barong Tongkok, Linggang Bigung dan Siluq Ngurai.

“Seiring berjalannya waktu hingga tahun 2022 ini, PSHT Pusat Madiun Cabang Kubar, telah terbentuk menjadi 13 ranting dan 44 rayon dengan 1.725 anggota. Hanya ada 3 kecamatan yang belum terbentuk, yakni ranting Mook Manar Blatn, Bentian dan Kecamatan Bentian Besar,” terangnya.

Untuk itu dirinya meminta dukungan kepada warga masyarakat diwilayah ini, agar dapat menerima kehadiran perguruan pencak silat PSHT Pusat Madiun Cabang Kubar, untuk mengembangkan sayapnya di wilayah Kubar meliputi wilayah Kabupaten Mahakam Ulu.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi

Publisher: Rina

Loading