Irwan: AHY dan Demokrat Berpotensi Jadi Pemenang Pemilu 2024

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI Irwan menganalisa Agus Harimurti Yudhoyono dan Partai Demokrat memiliki potensi keluar sebagai Pemenang pada Pemilu 2024 mendatang.
Menurut Irwan dalam rilis yang diterima Swara Kaltim, analisasinya berkaca dari hasil Survei Litbang Kompas terbaru Oktober 2022.

“Dalam survei ini menempatkan Partai Demokrat sebagai Parpol papan atas dengan elektabilitas 14,0%. Partai Demokrat berada di posisi ke-3 di bawah PDI-P (21,1%) dan Gerindra (16,2%). Apabila kita melihat trend elektabilitas yang dilakukan survei Litbang Kompas sepanjang tahun 2022 (Januari, Juni, Oktober), Partai Demokrat konsisten mengalami kenaikan trend positif. Bahkan Partai Demokrat naik 2 kali lipat dari survei Litbang Kompas pada Januari 2022 (+/- 7,7%),” ucap Irwan yang juga ketua DPD Partai Demokrat Kaltim ini.

Lebih menarik lagi sebutnya adalah data yang memperlihatkan tingkat loyalitas pemilih Partai Demokrat mencapai 86,4%. Hal ini mengindikasikan Partai Demokrat adalah Parpol dengan trend elektabilitas yang terus menanjak, masuk tiga besar, dipilih oleh semua kelompok, dan voters loyalty yang tinggi atau bisa dikatakan Partai Demokrat berpotensi keluar sebagai pemenang di Pemilu 2024.

Ada tiga hal yang menjadikan Partai Demokrat berhasil dipercaya masyarakat Indonesia dan masuk Parpol papan atas, yaitu:

  1. AHY terbukti menjadi Capres/Cawapres pilihan rakyat. AHY belum secara resmi menjadi Capres/Cawapres, tetapi trend kenaikan elektabiltas Partai Demokrat sejalan dengan trend elektabilitas dari AHY. Hal ini mengindikasikan adanya hubungan langsung antara AHY dan Partai Demokrat (simbiosis mutualisme) atau bisa dikatakan AHY berkontribusi besar mendongkrak elektabilitas Partai Demokrat
  2. AHY adalah sosok pemimpin muda yang dapat diterima semua kelompok. Terbukti dari survei Litbang Kompas pada Juni 2022, Partai Demokrat dipilih semua generasi. Hal ini juga merefleksikan voters behavior yang sama dengan voters yang memilih AHY.
  3. AHY telah berhasil memimpin Partai Demokrat. Terbukti sebagai pemimpin yang berani, berpengalaman, cerdas, dan berprestasi. AHY berhasil mengkombinasikan antara personal branding, party branding, dan program branding.

Sehingga, lanjutnya perkembangan politik mutakhir, pertemuan AHY dan Anies Baswedan (ABW), semakin meneguhkan optimisme kemenangan rakyat, kemenangan Partai Demokrat.

“AHY adalah pemimpin yang layak untuk 2024. Dengan berkoalisi dengan Parpol lain untuk mencapai minimum syarat pencalonan, Insya Allah Partai Demokrat dan AHY akan terus berjuang bersama rakyat. Menciptakan perubahan dan perbaikan Indonesia,” pungkas Irwan.(*dho)

Loading