Gara-Gara Pekerjaan Jalan MT Haryono Molor, 11 Tahun Tembok Batas Perumahan Pemda Dan Wika Dirobohkan

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Pemerintah kota Balikpapan membuka akses jalan perbatasan perumahan Praja Bhakti Pemda dan perumahan wika. Akses jalan dibuka guna mengurai kemacetan jalan yang hingga kini, Jl di MT Haryono depan Global Sport belum selesai di kerjakan.

Menurut Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Balikpapan Rafiuddin, dibongkarnya perbatasan akses jalan dari perumahan pemerintah kota dengan perumaha wika ini , merupakan hasil kesepakatan antara perwakilan RT dan warga.

“Usai di lakukan pembongkaran perbatasan berupa tembok tersebut , maka akses jalan dapat digunakan untuk satu jalur dari arah Balikpapan Baru ke perumahan Wika bagi kendaraan roda dua dan empat. Sedangkan kendaraan roda dua dapat melintasi di perumahan Wika atau jalan tembus di masjid Islahul Ummah,” ujarnya plt DPU kota Balikpapan Raifudin kepada Swara Kaltim.com,Selasa (28/3/’23).

Rafiuddin menjelaskan, lokasi dibukanya kases jalan sementara ituakan ditempatkan petugas Dishub, guna mengatur lalu lintas nantinya. Sebelum dilakukan pembongkaran, dilakukan pertemuan oleh semua pihak dan hasilnya terjadi kesepakatan antara kedua warga perwakilan RT 15 yakni Iman Slamet dan Rt 18 diwakili Ketua RT Heri R Kelurahan Gunung Samarinda Baru, Balikpapan Utara bersama PU,Dinas Perhubungan Balikpapan, Kominfo camat dan lurah Gunung Samarinda Baru.

Sementara itu, Ketua RT 15 Slamet Iman Santoso mengatakan pihak menerima kesepakatan ini karena ingin membantu mengurangi kepadatan sesuai edaran wali kota. Guna mengurai kemacetan jalan akibat Jl di MT Haryono depan global sport belum juga jalanya selesai yang dikerjakan oleh PT Fahreza.

“Gara-gara molornya pembangunan Jalan MT Haryono depan Global Sport, 11 tahun tembok pembatas kedua perumahan di robohkan. Kami meminta kepada PT Fahreza untuk juga bertangungjawab menyelesaikan proyek pengerjaan yang ada diperumahan Wika. Karena, hingga kini pengerjaan jalan di wika belum selesai dan mengakibatkan warga di perumahan kecewa,” tutupnya

Hal senada, dengan dibukanya akses jalan perumahan Pemda ke perumahan Wika , Dinas Perhubungan Kota Balikpapan akan melakukan rekayasa jalan dijalan tersebut. Hal ini dilakukan ini dikarenakan, akses jalan dari perumahan pemerintah ke perumahan wika hanya satu jalur bagi roda dua dan empat. Sedangkan jalur roda dua dapat melintasi perumahan wika tepatnya disampiang masjid Islahul Ummah.

Selanjutnya diungkapkan Plt Kepala Seksi Pengendalian dan Operasional Dishub Kota Balikpapan M Islamiawan. Pihaknya akan menurunkan personil dishub di titik titik rawan terjadinya kemacetan di kawasan akses jalan tembus dari arah Balikpapan Baru ke perumahan pemerintah kota ke perumahan wika.

” Untuk rute arah petunjuk jalan mengurai kemacetan jalan ini, akan bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum. Islamiawan menjelaskan, pihaknya berharap dengan adanya akses jalan tembus satu jalur dari perumahan pemerintah kota ke perumahan wika ini, dapat mengurai kemacetan jalan disaat pagi dan sore hari. Mengingat pengerjaan jalan di Global Sport belum terselesaikan,” tutupnya.(*/pr-pk)

Loading