DPRD Balikpapan Meminta Disdaq Untuk Merealisasikan Pembangunan Pasar Induk

Loading

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Komisi 2 DPRD Kota Balikpapan meminta Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Balikpapan untuk merealisasikan rencana pembangunan Pasar Induk. Hal ini mengingat, Disdaq telah menyampaikan rencana pembangunan Pasar Induk, yang mana lahannya juga telah disiapkan di sekitar wilayah Kilometer 5 Balikpapan Utara.

“Jika arahan-arahan dari Pemerintah Kota Balikpapan sudah berjalan, kami dari DPRD pasti mendukung,” ujar Ketua Komisi II DPRD Kota Balikpapan Suwanto, Sabtu (29/4/2023).

Wanto sapaan akrabnya menambahkan, Pembangunan Pasar Induk di Kota Balikpapan ini dimaksudkan untuk pemerataan pembangunan yang dilakukan seiring dengan pertambahan jumlah penduduk.

“Pembangunan pasar induk ini bisa memecah atau meratakan kebutuhan masyarakat akan pasar, serta pertambahan Penduduk yang nantinya akan terjadi di kota Balikpapan,” tegasnya

Selain itu, dalam pembangunan Pasar Induk ini, Wanto menambahkan, Pemkot juga harus memperhatikan jalur kendaraan logistik yang akan berlalu-lalang.

“Ini juga penting, karena kondisi jalan di Kota Balikpapan sudah lumayan padat, apalagi ditambah dengan angkutan besar pengangkut logistik,” sebutnya.

“Itu pesan kami, untuk membuat alur lalu lintas bongkar muat Pasar Induk, harus bisa dipaparkan dengan baik,” sambungnya.

Politisi PDI P ini juga berharap agar bisa mengkaji kembali Detail Engineering Desain (DED) pembangun Pasar Induk, yang sudah ada sejak 2019 lalu dengan menyesuaikan relevansinya pada kondisi di 2023 atau 2024 mendatang.

“Saya rasa perlu direlevansikan dengan kondisi di 2023 atau 2024, dengan tetap mengacu RPJMD 2021-2026 dan visi misi Wali Kota Balikpapan yang ada,” tutupnya.(*/Pr)