Upaya Perusda PTMB Balikpapan Berikan Pelayanan Air Bersih di Kota Balikpapan

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Perusahaan Daerah Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB) mengaku terus mendapatkan kritikan dalam pelayanan air bersih kepada masyarakat. Meskipun demikian, PTMB berupaya melakukan pembenahan pelayanan air bersih ke masyarakat dengan melakukan pemetaan di lapangan.Berdasarkan presentase data cakupan air bersih di Balikpapan telah mencapai 80 persen atau dengan total 114 ribu pelanggan air bersih di kota Balikpapan.

“Dari jumlah pelanggan air bersih mencapai 114 ribu, tidak semuanya teraliri air bersih 24 jam. Artinya yang teraliri hanya 50 hingga 60 persen.Dikarenakan ada juga warga yang mendapatkan air bersih hanya 12 jam sehari dan 6 jam per hari, bahkan ada juga pelanggan yang mendapatkan air bersih seminggu sekali,” tegas Pjs Direktur Utama Perumda Tirta Manuntung Balikpapan – Agus Budi, belum lama ini.

Lanjut Agus, adapun langkah percepatan pelayanan air bersih untuk masyarakat dengan optimalisasi pipa di KM 8 dan perbaikan pipa pipa yang rusak. “Sejak di lakukan perbaikan pipa di KM 8, kapasitas produksi yang awalnya hanya 700 meter per kubik menjadi 1900 meter kubik perjam atau di konversikan 530 liter perdetik,” katanya.

Agus menjelaskan, dengan dilakukan perbaikan pipa di KM 8 beberapa waktu lalu, maka warga yang dahulunya tidak mendapatkan air bersih selama berbulan bulan kini dalam terlayani, meskipun tidak 24 jam. Sedangkan kawasan tinggi di kawasan Balikpapan Barat yang tidak mengalir dan kini daerah yang rawan tidak mengalir tinggal 2 RT saja.

“Adapun langkah solusinya dengan melakukan rekayasan air atau pengiliran pelayanan air bersih. Untuk itu, dihimbau kepada masyarakat untuk selalu menampung cadangan air sebagai persiapan penggunaan kebutuhan dirumah dan bijaksanalah dalam menggunakannya,” tutupnya.(*/pr-pk’23)

Loading