Regu Pramuka Penggalang Bersaing Jadi Terbaik pada LT-IV di Bumi Perkemahan Waduk Manggar

Loading

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Kalimantan Timur (Kwarda Kaltim), menggelar kegiatan Lomba Regu Pramuka Penggalang tingkat Daerah (LT-IV) tahun 2023 yang resmi dibuka Gubernur Kaltim yang diwakilkan Staf Ahli Sumber Daya Alam, Perekonomian Daerah dan Kesejahteraan Rakyat provinsi Kalimantan Timur Christianus Benny di Bumi Perkemahan Waduk Manggar KM 12 Karang Joang Balikpapan, 11-15 Mei 2023.

Gubernur sangat mengapresiasi Kwarda Kaltim yang telah mampu mewujudkan salah satu program kerjanya.

“Saya yakin telah dipersiapkan sejak lama. Oleh karenanya membutuhkan energi yang luar biasa besar untuk even setingkat provinsi Kalimantan Timur ini. Saya juga sangat gembira dan mengapresiasi kegiatan ini karena saya yakin akan bermanfaat bagi para pesertanya,” ucap Christianus dalam sambutannya mewakili Gubernur Kaltim.

Oleh karena itu kepada para adik adik penggalang agar memperhatikan hal hal sebagai berikut. Pertama bahwa lomba dapat memupuk jiwa, dan lomba juga menuntut jiwa perjuangan yang tinggi dan tidak mungkin mengikuti lomba tanpa sebelumnya mengikuti latihan-latihan berat dalam waktu yang lama.

“Lomba ini dipastikan menarik karena dilakukan di ruang terbuka, sehingga seharusnya bermanfaat bagi kesehatan yang lebih baik. Melalui lomba ini bahwa tidak hanya mendapatkan gelar juara, namun bisa mendapatkan kawan sebaya, apalagi lomba ini diikuti se-Kalimantan Timur,” imbuhnya.

Sehingga lanjutnya tercipta masyarakat yang berakhlak dan mencintai persatuan di tengah perbedaan.

“Saya menyakini bahwa gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan dan mampu melahirkan pribadi-pribadi tangguh bagi peserta didiknya dan kemudian menjadi pelopor pembangunan di Kalimantan Timur,” katanya.

Menurutnya hanya gerakan Pramukalah yang mempunyai prinsip hidup mumpuni karena mempunyai pedoman akhlak yaitu Dasa Darma Pramuka.

Sementara Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Muhaimin menambahkan, merasa bersyukur untuk kesekian kalinya event tingkat provinsi Kaltim dilaksanakan di kota Balikpapan.

Seperti kwarda Pramuka mempercayakan kota Balikpapan sebagai tuan rumah LT-IV khusus Pramuka penggalang di Bumi Perkemahan waduk Manggar ini dibawah kelola Dinas Pemuda, Olah raga dan Pariwisata.

“Tentu ada hikmahnya dengan dilaksanakan di sini. Kedepan sarana dan prasarana akan kita benahi, kemudian OPD terkait akan mempersiapkan untuk perbaikan-perbaikan ke depannya,” katanya.

Diharapkannya, ke depan ini akan bukan hanya untuk kegiatan Pramuka tetapi untuk kegiatan kegiatan yang lain. “Semoga semua peserta meraih yang terbaik,” katanya.

Ketua Panitia  LT-IV Kaltim tahun 2023 Ratna menambahkan, mereka melakukan pembukaan kegiatan LT-IV Kaltim tahun 2023. Kemudian ada beberapa lomba yakni ada mata lomba yang terukur dan tidak terukur, mata lomba yang terukur nanti hasil nilainya itu yang akan mendapat prestasi tinggi, baik dan cukup. Sementara mata lomba yang tidak terukur itu akan diberikan reward .

“Mata lomba yang terukur itu ada yang dilakukan satu regu dan ada yang diwakili oleh anggota regunya, antara  lain misalnya lomba senam Pramuka, lomba LKBB variasi, panjat dinding, renang sumpit dan lainya.

Selanjutnya untuk lomba-lomba yang tidak terukur itu antara lain ada pentas seni, karnaval budaya, kuliner budaya dan lainya.

Kegiatan ini diikuti oleh sembilan kabupaten kota yaitu Balikpapan, Samarinda, Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara, Bontang, Kutim, Kubar, Berau dan kabupaten Paser. Kecuali Kabupaten Mahulu yang tidak bisa mengikuti kegiatan ini.

“Harapan dari kegiatan ini kita harus mencari yang terbaik untuk memilih satu regu putra satu regu putri, yang berprestasi tinggi dan kita akan kirim dan akan kita persiapkan ke lomba tingkat V dan bisa menang di tingkat lima dan targetnya nantinya adalah menang,” pungkas Ratna.(adv-diskominfo kaltim/hmdsb/dho)