Peran Polri Untuk Masyarakat, Polres Kubar Launching Polisi RW dan Rumah Curhat

SENDAWAR, Swarakaltim.com – Untuk meningkatkan keamanan dan kenyaman kepada masyarakat Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kepolisian Resort Polres Kubar secara resmi melaunching program Polisi RW dan Rumah Curhat Polisi, yang berlansung di Lamin Melayu Taman Budaya Sendawar (TBS), Selasa (16/5/2023).

Peresmian program Polisi RW dan Rmah Curhat Polisi itu, dipimpin langsung Kapolres Kubar AKB Heri Rusyaman dihadiri oleh Forkopimda Kubar, para Komandan Koramil se-Kubar, para Camat se-Kubar, serta pejabat uatam Polres dan personel Polres Kubar.

“Hari ini kita launching program Polisi RW dan Rumah Curhat Polisi yang nantinya ada 64 aparat keamanan ditempatkan seorang personel Polres Kubar pada masing masing RW untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” ungkap AKBP Heri Rusyaman dalam kegiatan tersebut.

Pria akrab disa Heri ini mengatakan, Polisi RW hadir untuk melindungi masyarakat di tengah lingkungan tempat tinggal mereka, yang nantinya akan selalu berkoordinasi dengan para Ketua RW dan Babinkamtibmas. Untuk itu Heri menugaskan para personelnya turun langsung ke lapangan minimal seminggu sekali.

“Program ini juga untuk mengajak masyarakat menjalin kemitraan dengan Polri. Sehingga mampu mendeteksi serta mengidentifikasi permasalahan dilingkungannya masing-masing. Serta dapat mendekatkan Polri dengan masyarakat,” tuturnya.

Sementara program rumah curhat polisi merupakan trobosan Polres Kubar yang di bentuk di setiap RT. Nantinya berkedudukan di rumah Ketua Rukun Tetangga (RT) setempat, sebagai bentuk wadah pelayanan kepada masyarakat.

“Program rumah curhat polisi adalah geografis wilkum Polres Kubar. Terutama di kampung pedalaman dengan akses transportasi yang masih sulit. Sehingga terbentuknya rumah curhat polisi, masyarakat akan mudah dan cepat terbantu dalam pemecahan masalah,” terang Polres.

Kata Heri, untuk itu program Polisi RW dan Rumah Curhat Polisi, diharapkan dapat memecahkan berbagai permasalahan yang ada ditengah-tengah masyarakat. Selain itu dapat memudahkan tugas Polri dalam mengidentifikasi dugaan tindak kriminalitas.

“Apapun itu, baik itu masalah adanya dugaan kriminalitas, gangguan kamtibmas lainnya, atau masalah antar tetangga yang mungkin bisa diselesaikan dengan musyawarah. Disinilah hadirnya Polisi RW dan Rumah Curhat sebagai fasilitator. Semoga kehadiran program ini membawa mamfaat bagi seluruh masyarakat se-Kubar,” pungkasnya.

Penulis : Alfian
Editor : Redaksi
Publisher : Rina

Bagikan:

Related posts