Buka MTQ Ke 44 Provinsi Kaltim Tahun 2023, Gubernur: Selamat Bermusabaqah Secara Fair dan Sportif

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ)  ke-44  Provinsi Kaltim   2023, di buka secara resmi Gubernur Kaltim H Isran Noor diwakilkan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekdaprov Kaltim  HM Syirajudin, yang ditandai dengan pemukulan beduk,  digelar  di Halaman Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC/Dome), Selasa malam (16/5/2023).

Dikatakan, MTQ adalah ajang lomba keagamaan yang harus kita jaga kesuciannya, sekaligus sebagai pemicu semangat dan menumbuhkan motivasi untuk membaca, menghafal, mempelajari dan mengamalkannya sebagai pedoman keselamatan hidup di dunia dan di akhirat.

“Kita bangga dan bersyukur karena gairah membaca dan mempelajari Al Qur’an di dalam masyarakat semakin meningkat yang ditandai dengan bertumbuhannya Taman  Pendidikan Al Qur’an (TPA) yang diikuti oleh anak-anak usia dini, remaja hingga dewasa,” tandasnya.

Ditambahkan, hal ini perlu terus di tumbuh-kembagkan agar Al Qur’an tetap terjaga dan generasi umat Islam mendatang menjadi insan-insan yang saleh dan salehah yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, karena senantiasa
mencintai Al Qur’an.

“Dengan hikmah Al Qur’an dan  digelarnya MTQ ke-44 di Kota Balikpapan ini, kita berharap juga akan berdampak positif bagi terciptanya daerah kita yang aman dan damai,” ujarnya.

Kepada seluruh Kafilah MTQ se-Kaltim Syirajudin mengucapkan selamat datang dan selamat bermusyabaqah. Ikutilah  MTQ ini dengan baik, sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang ada.  

“Selamat bermusabaqah secara fair dan sportif. Jaga kesehatan, jaga kekompakan dan kebersamaan, persatuan dan kesatuan,” pesan Syirajudin.

Ketua panitia penyelenggara MTQ ke 44 Provinsi Kaltim  H Rahmad Mas’ud, yang juga Wali Kota Balikpapan melaporkan peserta MTQ pada tahun ini diikuti oleh 487 peserta dari kafilah perwakilan 10 kabupaten kota se Kaltim yaitu, Kutai Kartanegara
144 orang, Kota Samarinda 92 orang, Kota Bontang 92 orang, Kutai Timur 55 orang, Berau 65 orang, Paser 53 orang, PPU 88 orang, Kutai Barat 42 orang, Mahakam Ulu18 orang dan Kota Balikpapan 97 orang.

“Cabang yang akan dilombakan  adalah Tilawah, Hifzh (hafalan), Fahmil Quran (cerdas cermat), Syarhil (seni deklamasi), Khattil (kaligrafi).dan musabaqah Al Hadits. Tafsir Alquran bahasa Arab,  bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, dan serta syahril Quran. Dan pelaksanaanya mulai 14 Mei sampai dengan 23 Mei 2023 dan Veneu perlombaan ada 10 tempat di Kota Balikpapan,”papar Rahmad Mas’ud.

Tampak hadir pada malam Ta’arif daan Pelantikan Dewan Hakim Prof KH Said Aqil Husein Al Munawwar yang juga Pengurus Pusat LPTQ, Kakanwil Kementerian Agama Kaltim H Abdul Kholiq, Kakantor Agaama Balikpapan H Johan Marpaung, jajaran Forkopimda, pengurus LPTQ, Ofisial dan Anggota Kafilah MTQ se-Kaltim, para alim ulama dan undangan lainnya. (adv-diskominfo kaltim/adpimprov/aya/dho)

Loading