Walikota Balikpapan Melepas 531 Calon Jemaah Haji di BIC 

Loading

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Sebanyak 531 calon jemaah haji Balikpapan dilepas wali kota Balikpapan di Masjid Balikpapan Islamic Center (BIC). Nantinya dari 531 calon Jemaah, sebanyak 299 calon jemaah haji akan diberangkatkan pada Jumat (26/5/’23) malam. Adapun  Jumlah 299 calon jemaah haji,  lima diantara petugas haji yakni petugas kesehatan dan ibadah yang akan mendampingi selama di Mekkah atau Madinah.

Dalam sambutanya, Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud menjelaskan, pihaknya berharap kepada aparatur yang bertangungjawab mengurusi haji untuk memperhatikan kondisi dan kebutuhan jemaah saat di embarkasi maupun  tanah suci.

“Saya minta benar-benar nanti masuk  embarkasi, tolong perhatikan makanannya terkhusus pada petugas pendamping, petugas haji petugas kesehatan  juga betul-betul untuk diperhatikan jemaahnya,” kata Rahmad saat pelepasan calon jemaah haji Balikpapan di BIC, Kamis (25/5/2023)

Lanjut Rahmad, atas nama Pemerintah Kota Balikpapan dan pribadi mengucapkan selamat kepada claon jemaah haji Balikpapan. “Jaga kondisi, jaga kesehatan kita, karena yang lebih tau kondisi kita adalah diri kita sendiri. Bawa nama baik Indonesia khususnya Kota Balikpapan, beribadah yang baik. Jangan aneh-aneh disana,” ujarnya.

“Saya berpesan di tanah suci jangan aneh aneh dengan menjadikan batu ini bisa dijadikan jimat. Itu hati-hati disana hukum di mekah kalau ada bilang jimat itu hati-hati  itu bisa kena pidana. Bisa dapat hukuman. Ini saya ingatkan,” ujarnya.

Rahmad meminta kepada sesama jemaah haji saling menjaga kebersamaan dan  saling membantu dan tidak mudah emosi jika menghadapi sesuatu. “Jangan sampai terpancing emosi. Itu godaan pertama kita. Saya berangkat haji beberapa kali jadi saya paham jemaah haji apalagi suami istri. Biasanya masalah kecil bisa timbul emosi. Pesan saya kalau itu terjadi langsung istigfar,” ungkapnya.

“Bagi jemaah haji tiba di Mekkah langsung menjalankan salat tobat, agar selama disana haji kita akan mulus, akan lancar kalau toh ada rintangan jadi pelajaran kita semua. Itu pesan ulama dan itu yang saya amalkan,” katanya.

Sementara itu, Menurut Kepala Departemen Agama Kota Balikpapan Johan Marpaung, nantinya calon jemaah haji akan masuk asrama haji dan selanjutnya pada Jumat malam akan di terbangkan ke Jeddah pukul 22.00 wita .Dari 531 calon jemaah haji akan dibagi menjadi 5 kloter.

“1 kloter calon jemaah haji asal Balikpapan semua dan berangkat Jumat, sedangkan  4 kloter akan diberangkatkan bergabung dengan daerah lain,” ujarnya.

Johan menambahkan, kali ini untuk  jemaah yang termuda 27 tahun dan tertua berusia 92 tahun laki-laki. Dari 299 itu ada lansia dan disablitas ada 101 orang. Banyaknya lansia yang menjadi calon jemaah haji ini dikarenakan ,pemerintah fokus ke lansia,” tutupnya(*/pr-pk’23)