Pemprov Kaltim Targetkan Zero Desa Tertinggal Tahun 2023

SAMARINDA, Swarakalltim.com – Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) menargetkan, Kaltim Zero Desa Tertinggal pad tahun 2023 ini.

Sebagai informasi, Provinsi Kaltim memiliki 841 desa, 197 kelurahan, dan 103 kecamatan. Hasil pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2022 di Provinsi Kaltim, status desa Mandiri dan Maju terus bertambah. Status Desa Sangat Tertinggal pun berhasil ditekan.

Data IDM 2022 menunjukkan penambahan 49 desa berstatus Mandiri dibandingkan IDM tahun 2021. Saat ini sudah ada 136 Desa Mandiri. Desa Maju bertambah 37 desa dari tahun 2021 menjadi sebanyak 349 desa. Desa Berkembang sebanyak 339 desa berkurang 48 desa dari tahun 2021.  

Kepala DPMPD Kaltim, Anwar Sanusi  menjelaskan, tahun ini sudah tidak ada desa yang sangat tertinggal. Sementara  desa tertinggal yang saat ini masih tersisa, sebanyak 17 desa.

Yakni 1 desa di Kabupaten Berau, 2 desa di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), 6 desa di Kabupaten Kutai Barat (Kubar),  dan 8 desa di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu).

Hasil bedah IDM pada 17 desa tertinggal itu, menurut Anwar Sanusi, menunjukkan beberapa permasalahan serupa. Di antaranya adalah indikator ketersediaan tenaga kesehatan. Seperti bidan, dokter, dan tenaga kesehatan lainnya yang masih belum terpenuhi.

Termasuk soal jarak pusat layanan kesehatan dengan masyarakat, ketersediaan tenaga pendidik, dan jarak akses ke pusat perdagangan masih belum terpenuhi.

Selanjutnya,  indikator keterbukaan ruang publik di desa dan akses air bersih serta akses listrik juga belum terpenuhi. Indikator keterbukaan wilayah jalan desa untuk akses kendaraan roda empat atau lebih belum terpenuhi dan indikator potensi rawan bencana dan tanggap bencana juga belum terpenuhi.

“Semua indikator tersebut secara bertahap terus  kita upayakan ketersediaannya, baik program dari Pemprov Kaltim maupun kabupaten dan kota,” papar Anwar Sanusi.

Pemprov Kaltim akan terus berjuang untuk memenuhi segala sarana pra sarana yang menjadi indikator kemajuan tingkat IDM desa. Selain dukungan provinsi dan kabupaten, dukungan pusat juga diharapkan terus mengalir melalui program Dana Desa.

“Sebab pembangunan bukan hanya menjadi hak warga perkotaan, tetapi juga mereka yang tinggal di pedesaan,” pungkas Anwar Sanusi. (adv-diskominfo kaltim/kmf*krv/dho)

Data IDM 2022, Strata Desa Kaltim

Desa Mandiri: 136

Desa Maju: 349

Desa Berkembang: 339

Desa Tertinggal: 17

Desa Sangat Tertinggal: 0

Loading