Gelaran Pameran UMKM hingga Workshop di Event Wonderful East Borneo Hotel Mercure & Ibis Samarinda, Wujud Kolaborasi Membangun Daerah

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Mercure & ibis Samarinda sekali lagi memberikan bukti nyata untuk mendukung pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kalimantan Timur. Memenuhi komitmennya, General Manager Hotel Mercure ibis Samarinda Budi Wahjono kembali menyambut dan memberikan fasilitas bagi pelaku usaha UMKM Kaltim melalui Pameran UMKM dengan mengusung tema “Wonderful East Borneo”.

Wonderful East Borneo yang akan berlangsung 5 hari, 31 Mei hingga 4 Juni di Lobby Ballroom Hotel Mercure ini telah resmi dibuka oleh kepala Dinas Pariwisata Kaltim Achmad Herwansyah, Rabu (31/5/2023).

Kurang lebih 50 UMKM binaan dari Dinas Perindagkop Kaltim dan Dinas Koperasi dan UKM Kota Samarinda terlibat dalam kegiatan ini. Acara pameran yang diadakan selama 5 hari ini dipenuhi dengan agenda workshop yang dapat diikuti secara gratis dan bersifat edukatif, khususnya bagi pelaku UMKM. Berkolaborasi dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham Kalimantan Timur, Mercure ibis Samarinda mengadakan workshop Kepengurusan Kekayaan Intelektual (Merek Dagang, Hak Paten dan Desain Industri).

Achmad Herwansyah memberikan apresiasi terhadap event Wonderful East Borneo yang melibatkan pelaku UMKM dan pelaku seni. “Kami merasa bangga dengan acara hari ini untuk memajukan terus UMKM kita. Ada juga tadi saya lihat pembatik di stand. Tadi kita saksikan bersama anak-anak kita menari begitu luar biasa,” ungkap Achmad Herwansyah.

Senada juga disampaikan Kepala Kanwil Kemenkunham Kaltim Sofyan. Dimana dalam sambutannya mengaku bangga dan mengapresiasi kegiatan ini.

Ia mengharapkan kolaborasi seperti ini harus sering dilakukan dan semakin bersinergi dalam membangun ekonomi daerah.

Begitu pula kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian kota Samarinda Nurahmani menyampaikan kolaborasi seperti ini harus terus disinergikan demi mencapai tujuan bersama terlebih dalam memajukan UMKM karena telah terbukti UMKM selalu teruji menghadapi berbagai gelombang krisis, sehingga pemerintah bersama-sama stakeholder terkaitnya terus memberikan multi dukungan.

Telah tercatat 150 UMKM melakukan registrasi untuk mengikuti rangkaian workshop di Wonderful East Borneo. Selain kepengurusan HAKI, tersedia workshop food photography dan food styling, serta workshop Instagram Ads Submission. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi pelaku UMKM dalam mempromosikan produk mereka di era digital saat ini.

Pada hari terakhir, juga tersedia layanan sertifikasi halal gratis yang akan dilaksanakan oleh Halal Center Universitas Mulawarman. Selain UMKM workshop, adapun kegiatan sosial yang diadakan dalam rangkaian kegiatan ini yaitu ‘Shop for Hope’, dimana Hotel Mercure ibis Samarinda menjual barangbarang bekas (pakaian, sepatu, dan aksesoris) yang 50% dari hasil penjualannya akan disumbangkan ke Yayasan Peduli Tunas Bangsa.

Berkolaborasi dengan influenser kota tepian, Shop for Hope mengundang masyarakat untuk berbelanja sambal berdonasi untuk membantu anak-anak yang membutuhkan.(dho)

Loading