Pekerja Kilang Pertamina Unit Balikpapan Peringati Hari Lahir Pancasila

Loading

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Peringatan hari lahir Pancasila diperingati pekerja PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan dengan mengelar upacara pengibaran bendera di halaman kantor besar PT KPI Unit Balikpapan. Kamis, 1/6/’23.

Dalam kesempatan itu, General Manager (GM) PT KPI Unit Balikpapan bertindak sebagai inspektur upacara. Upacara yang diselenggarakan secara hikmat tersebut diikuti oleh perwakilan pekerja dan mitra kerja PT KPI Unit Balikpapan. Upacara Hari Lahir Pancasila ini juga diselenggarakan di berbagai wilayah operasional Pertamina Group di seluruh Indonesia.

“Pancasila sebagai dasar negara merupakan pijakan dasar bagi semua kebijakan yang diambil oleh pemerintah dan lembaga-lembaga negara di Indonesia. Pancasila juga merupakan landasan bagi semua aktivitas kemasyarakatan, keagamaan, dan kebudayaan di Indonesia,” kata GM PT KPI Unit Balikpapan Arafat Bayu Nugroho ketika membacakan sambutan dari Direktur Utama PT Pertamina (Persero).

Sebagai pijakan dasar, seluruh pekerja Pertamina diminta untuk mengimplementasikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Tentunya juga dalam bekerja sehari-hari, dalam memberikan layanan kepada masyarakat dan Bangsa Indonesia.

Bayu juga menyampaikan bahwa tema Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 ini adalah “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global” sejalan dengan visi Pertamina untuk menjadi Perusahaan Energi Kelas Dunia. “Dalam 4 tahun terakhir kita (Pertamina-red) tetap berada didalam Global Fortune 500 company dan posisinya terus meningkat,” kata Bayu.

Dalam sambutan tersebut juga disampaikan bahwa Direksi Pertamina menegaskan bahwa keselamatan adalah yang utama. “Jadikan prioritas, jangan lengah sedikitpun, apabila HSSE menjadi prioritas maka performance perusahaan pun akan sejalan lurus dengannya dan begitupun sebaliknya,” kata Bayu.

Setelah pelaksanaan upacara, terlihat para peserta upacara saling bersilaturahmi satu dengan yang lainnya.

Sebagai penutup Bayu mengajak seluruh pekerja dan mitra kerja di lingkungan PT KPI Unit Balikpapan untuk menjadi teladan, menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila. “Mari kita bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju, mewujudkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan,” tutup Bayu.(*/pr-prt’23)