Jalur Prestasi Penghafal Quran, Akan di Tes Langsung Oleh Tim Verifikasi

Loading

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan telah mempersiapkan pelaksanaan  proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada tahun ajaran 2023-2024 //  Hal itu disampaikan Kepala Disdikbud Kota Balikpapan, Irvan Taufik.

“Kami telah melakukan penguatan sistim dengan PT Telkom dan sekolah baik SD dan SMP. Adapun  proses PPDB nanti akan ada 4 jalur pendaftaran diantaranya zonasi,  afirmasi,  prestasi dan mutasi perpindahan orangtua,” kata Kepala Disdikbud Balikpapan, Irvan Taufik , Rabu (15/6/’23).

Irvan menjelaskan, uUntuk pendaftaran siswa baru secara online melalui link https://balikpapan.siap-ppdb.com Pendaftaran dibuka mulai 26,  27,  28 dan 30 Juni 2023 atau empat hari. “Tentunya bagi orangtua yang mengalami kendala atau tidak mengerti cara mendaftar online tersebut dapat datang ke sekolah yang dituju.” Katanya.

Lanjut Irvan, setiap sekolah akan meyediakan guru yang memandu pendaftaran online tersebut. Namun demikian, bagi orang tua yang tidak mengeti cara mengisi dan menguploadnya, dapat ke sekolah yang dituju.  “Untuk di SD Negeri akan menerima 301 rombel dengan kapasitas satu rombel diisi maksimal 28 siswa,  sedangkan SMP Negeri menerima 183 rombel dan itu tercantum dalam juknis Disdikbud Kota Balikpapan,” tegasnya.

Irvan mengaku, pihaknya mulai tahun ini mempusatkan verifikasi untuk jalur prestasi, jalur khusus dan jalur perpindahan di kantor Disdikbud. Karena tahun sebelumnya verifikasi dilakukan di instansi yang berbeda seperti verifikasi jalur prestasi melalui Dinas Pendidikan , jalur khusus untuk Tahfiz Quran melalui kementerian agama, jalur perpindahan melalui Dinas Pendidikan dan jalur Afirmasi melalui Dinas Sosial. “Tahun ini Verifikasi untuk jalur prestasi, jalur afirmasi , jalur khusus dan jalur perpindahan dipusatkan di kantor Disdikbud semua dan tidak ada verifikasi di luar dari itu” ujarnya.

“Mohon maaf selama  in sertifikat untuk prestasi Tahfiz Quran tidak sama lembaganya. Artinya jalur Tahfiz Quran, Qori dan Kaligrafi  dapat digunakan bagi yang menang di MTQ  tingkat kecamatan dan Provinsi. Selain itu, Tahfiz Quran akan di tes langsung, apabila menghafal 30 Juz akan di tes nantinya. Hal ini mengantisipasi adanya sertifikat di keluarkan Tahfiz Quran, namun saat di tes tidak hafal,” tutupnya.(*/pr-pk’23)