Bantuan ke Penyandang Disabilitas, Marthinus Sosperda DPRD Kaltim di Mahakam Ulu

MAHAKAM ULU, Swarakaltim.com – Anggota DPRD Kalimantan Timur (Kaltim), Marthinus, ST., M.Si, gencar melaksanakan Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosperda) DPRD Kaltim Nomor 1 Tahun 2018, Tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas.

Kali ini wakil rakyat dari dapil Kubar-Mahulu itu, melaksanakan Sosperda di BPU Kampung Long Bagun Ulu, Kecamatan Long Bagun, pada Jumat (16/6/2023). Kegiatannya itu disambut baik oleh para tokoh adat, tokoh agama dan pemuda diwilayah itu.

Pada kesempata itu juga, pria akrab disapa Marthin ini, juga menyerahkan bantuan kursi roda kepada sejumlah penyandang disabilitas dan para orang tua lanjut usia.

“Tujuan sosperda ini agar masyarakat mengerti. Karena negara adalah entitas utama yang bertanggung jawab melindungi, menegakkan, dan memajukan hak azasi manusia. Termasuk penyandang disabilitas wajib dilibatkan dalam proses perencanaan pembangunan daerah,” tutur Marthin.

Untuk itu Politisi PDI Perjuangan ini sangat mendorong agar penyandang disabilitas terangkat harkat dan martabatnya. Sehingga tidak ada perlakuan diskriminasi dan perbedaan pelayanan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Sosperda ini dalam rangka penyebarluasan Peraturan Daerah ke-5 DPRD Kaltim. Sehingga Pemrov Kaltim dapat optimal dalam menerapkan seluruh peraturan yang telah tertuang di pasal-pasal Perda Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas,” tegasnya.

Tidak hanya itu, Marthin juga mendorong agar Perda ini dapat diimplementasikan dan ditaati bersama seluruh stakeholder. Untuk itu ia berharap pemerintah hingga ke kabupaten/kota bisa memberikan perhatian penuh terhadap para penyandang disabilitas.

“Seharusnya tidak boleh ada perlakuan berbeda terhadap penyandang disabilitas, yakni perlakuan diskriminatif. Karena itu DPRD Kaltim mendorong agar diketahui oleh masyarakat luas Perda Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas ini. Saya berharap Perda ini dari provinsi dapat menjadi Perbub di kabupaten/kota,” pungkasnya.

Penulis : Rahmad

Editor  : Alfian

Publisher : Rina

Loading