Lima Raperda Akan Kembali di Bahas

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Penyampaian jawaban Wali Kota Balipapan Rahmad Masud atas pandangan umum fraksi fraksi di DPRD Kota Balikpapan pada paripurna yang dilaksanakan di ruang rapat DPRD kota Balikpapan. Mendapatkan catatan dari Wakil Ketua III DPRD Balikpapan, Subari. Subari yang juga politisi Partai PKS ini mengaku, pada pandangan umum fraksi untuk ini menjadi hal yang harus ditindaklanjuti.

“Pak Wali Kota sudah menyampaikan beberapa hal yang menjadi pertimbangan untuk ditindaklanjuti terkait dengan beberapa agenda kedepannya,” ujarnya. Senin (26/6/2023).Dalam agenda tersebut yang menjadi sorotan terdapat lima Rancangan Peraturan Daerah (Raperda).

“Terkait APBD, yang pertama menjadi pressing (penekanan) masalah sekolah. Itu menjadi harapan kita agar dibangun pembangunan sekolah dan penambahan rombongan belajar (Rombel) per kelas yang belum balance (seimbang),” ungkapnya.

Sedangkan terkait perekrutan ketenagakerjaan, katanya, DPRD Balikpapan bersepakat penduduk lokal bisa diakomodir sampai 75-80 persen.

“Itu keinginan teman-teman, tentu ini nantinya menjadi pertimbangan Pak Wali yang akan kita rancang dan digodok agar kiranya Raperda ketenagakerjaan ini bermanfaat buat warga,” tegasnya.

Terkait Raperda ketahanan pangan, dikatakannya juga menjadi bagian yang disorot dengan harapan ada stok terutama untuk bahan pokok (Bapok).

“Intinya ini sebagai penguatan kebutuhan dan ketersediaan Bapok. Kalau terkait administrasi kependudukan, memang sudah menjadi keputusan pemerintah pusat. Tentu dengan kemudahan di era digital ini, lebih memudahkan masyarakat nantinya untuk dengan pencatatan kependudukan,” tuturnya.

Dengan demikian, pembahasan Raperda akan masuk pada pembicaraan tingkat I dengan bukti penandatanganan berita acara saat rapat paripurna.(*/pr)

Loading