Motivasi Kontingen Kormi Kaltim, Sri : Prestasi Olahraga Tak Hanya Andalkan Fisik, Tapi Mental dan Hati yang Gembira

BANDUNG, Swarakaltim.com – Memotivasi Kontingen Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Provinsi Kaltim sebanyak 734 personil yang siap berlaga di Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) VII di Bandung Jawa Barat  2-9 Juli 2023. Sekdaprov Kaltim Sri Wahyuni didampingi Ketua Umum Kormi Kaltim H Basri Rase beramah-tamah dengan sejumlah peserta Fornas VII 2023 asal Kaltim, di Lobby Hotel Ibis Trans Bandung, Ahad 2 Juli 2023.

Sekda Sri menegaskan, momentum Fornas VII sebagai pondasi membangun prestasi Sumber Daya Manusia (SDM) Kaltim. Artinya, membangun prestasi olahraga itu tidak mesti sepenuhnya mengandalkan fisik secara menyeluruh. Tetapi, juga mengandalkan adanya mental dan hati yang gembira.

“Membangun itu semua, maka melalui Kormi inilah dapat terbangun prestasi SDM Kaltim. Karena, Kormi ini lebih kepada kebugaran. Kebugaran itu memerlukan suasana hati yang gembira. Artinya, olahraga rekreasi juga sebagai pondasi membangun SDM yang sehat dan memiliki mental yang kuat,” kata Sri Wahyuni usai memberikan motivasi peserta Fornas VII asal Kaltim didampingi Ketua Umum Kormi Kaltim Basri Rase dan Wakil Ketua Tri Murti Rahayu.

Bagi Sri, keluarga sehat itu yang seperti apa, yaitu keluarga yang bugar. Keluarga yang buga itu adalah keluarga yang bahagia. Bahagia, tentu bukan hanya sekedar fisik tetapi juga mental psikologi.

Olahraga rekreasi yang saat ini diikuti para peserta asal Kaltim ditekankan bukan hanya pada fisik. Tetapi, lebih kepada mental dan suasana hati yang nyaman.

“Makanya, olahraga yang tergabung dalam induk organisasi di Kormi ini bisa diikuti seluruh masyarakat. Sebab, olahraga di Kormi yang dipertandingkan di Fornas bukan terfokus pada fisik,” tegasnya.

Untuk itu, melalui organisasi Kormi masyarakat Kaltim bisa bergabung dalam Induk Organisasi Olahraga (Inorga) yang ada. Misal, Ikatan Olahraga Dancesport Indonesia, The Universal Line Dance dan Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia, contohnya Balogo maupun Engrang.

Dengan mengikuti olahraga ini, selain menjaga kebugaran juga melestarikan olahraga tradisional Nusantara.

Ketua Umum Kormi Kaltim Basri Rase mengharapkan semua peserta asal Kaltim betul-betul senang dan gembira. Karena, ketika hati senang dan gembira, maka kebugaran akan didapat dan tentunya prestasi juga bisa diraih.(aya/sk)

Loading