Penunjukan Wawali Balikpapan, Terganjal 1  Parpol Yang Belum Memberikan Rekomendasi

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Ketua DPRD Kota Balikpapan, Abdulloh menegaskan, belum adanya Wakil Walikota Balikpapan sampai sekarang dikarenakan,  masih ada satu parpol pengusung yang belum merespon atau memberikan rekomendasi. Sehingga tidak bisa diproses. Seperti diketahui ada dua nama yang diusulkan untuk diproses yakni istri almarhum Wawali terpilih Thohari Azis Risti Utami Dewi dan Ketua PDIP Balikpapan Budiono.

“Seluruh partai pengusung harus menyetujui. Kalau ada satu partai pengusung tidak menyetujui maka tidak bisa,” tegasnya,Senin (17/07/2023)

Abdulloh menjelaskan, pihaknya tidak dapat menyebutkan parpol pengusung mana yang tidak menyetujui atau belum merespon untuk mau membuatkan berita acara atau semacam rekomendasi kepada dua nama tersebut.

”Parpol pengusung sudah pernah dikumpulkan seluruh Ketua parpol pengusung untuk mengeluarkan rekomendasi. Namun semua kembali ke parpol pengusung.  Partainya orang, sehingga  kami tidak bisa ikut campurlah. Kalau partai pengusung masih alot mau berbuat apa Wali Kota,” tegasnya.

Abdulloh mengaku, , DPRD sudah membuat tatib pemilihan Wawali. Termasuk juga akan membentuk panitia seleksi (pansel). Namun kembali lagi ke parpol pengusung agar mengeluarkan rekomendasi.

“Dan saya sebagai Ketua DPRD sudah semakimasimal mungkin sejak awal itu sudah mau merubah tatib hanya untuk kepentingan wawali. Sampai rencana pembentukan pansel,” tegasnya.

Dua nama yang jadi calon kuat juga diminta untuk bergerak mendekati parpol pengusung yang belum mengeluarkan rekomendasi. Khusus Partai Golkar sudah setuju dua nama tersebut.

“Pak Wali Kota sudah merespon. Bahkan Partai Golkar sudah rela untuk mengusung dua nama, Risti dan satunya Budiono,” tutupnya.(db)

Loading