Dorong Minat Baca Siswa SDN 013 ke Perpustakaan

Loading

Foto ilustrasi SDN 013 Balikpapan

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Keseriusan pihak SD Negeri 013 Kecamatan Balikpapan Kota untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan minat baca murid di sekolah di perpustakaan miliknya, patut diapresiasi. Staf Perpustakaan SDN 013 Kecamatan Balikpapan Kota, Fatimah mengatakan, pada dasarnya, perpustakaan berfungsi sebagai sumber referensi dan bahan pustaka melalui koleksi buku-buku yang berguna dan sesuai dengan kurikulum pada saat ini.

“Murid yang tengah mencari materi terkait pelajaran tertentu dapat ke perpustakaan untuk menemukannya. Sebab murid dituntut untuk aktif mencari bahan pustaka sendiri. Terlebih saat mereka diminta guru untuk berdiskusi dan mempresentasikan materi di kelas. Buku-buku yang ada di perpustakaan dapat menjadi referensi mereka,” kata Fatimah.

Dengan adanya perpustakaam ini, lanjut Fatimah, diharapkan dapat meningkatkan minat baca murid mengingat pentingnya perpustakaan. “Bukankah buku adalah jendela dunia? Alhamdulillah minat baca murid di sini, sangat bagus sekali, dan untuk syarat meminjam buku pun sangat mudah, cukup mengisi buku daftar yang telah disediakan dengan demikian murid bisa meminjam buku yang diinginkan,”ujarnya.

Ia menjelaskan, perpustakaan tidak semata-mata menjadi sarana belajar dan pusat informasi bagi para murid sekolah, melainkan juga memiliki fungsi rekreatif yaitu bebas, santai dan menyenangkan.

“Di perpustakaan, tersedia pula buku-buku  bacaan menarik sebagai hiburan murid yang mengunjunginya. Mereka dapat berkunjung mencari bacaan dikala jam kosong pelajaran atau waktu istirahat.Perpustakaan harus tetap mempertahankan dan mengutamakan mutu bacaan. Dengan demikian, buku-buku yang tersedia dapat memberikan hal positif pada pembacanya,” katanya. 

Ia menambahkan, perpustakaan memiliki peranan yang sangat penting untuk perkembangan murid dan penunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah. “Oleh karena itu, manfaatkan keberadaan perpustakaan sebaik-baiknya. Saat ini buku perpustakaan SDN 013 Balikpapan Kota mencapai 1.000 koleksi buku,”pungkasnya.(adv-dpk kaltim/sb/dho)