SMK Negeri 6 Samarinda Bangun Kerja Sama dengan 11 Perusahaan

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Pemprov Kaltim terus berupaya menyiapkan SDM berkualitas dan siap kerja maupun menjadi pelaku usaha industri.

Hal ini yang dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim melalui SMK Negeri 6 Samarinda. Yaitu, melakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dengan 11 perusahaan industri di Kaltim.

“Ini langkah baik dilakukan SMK Negeri 6 Samarinda. Pemprov Kaltim mengapresiasi kepada perusahaan yang mau bekerjasama dengan SMK Negeri 6. Semoga, kerja sama ini memberikan manfaat besar bagi SDM Kaltim,” pesan Wagub Hadi Mulyadi didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim M Kurniawan dan Kepala SMKN 6 Samarinda Didik Agung Widiantoro di Aula Pertemuan SMKN 6 Samarinda, Jalan Batu Cermin Samarinda Utara, baru-baru ini.

Apalagi, dengan adanya Ibu Kota Nusantara (IKN) tentu SDM Kaltim wajib dipersiapkan. Contohnya yang dilakukan SMKN 6 Samarinda.

Bahkan, menurut Hadi, jika dengan 11 perusahaan ini, tentu perlu ditambah lagi kerjasamanya dengan perusahaan lainnya. Termasuk, sertifikasi yang diikuti perlu ditambah.

“Dengan begitu, para lulusan SMKN 6 Samarinda betul-betul siap kerja, walaupun mereka belum sempat melanjutkan pendidikan perkuliahan. Jadi, kerja sama ini sebagai langkah SMK menuju IKN,” jelasnya.

Selanjutnya, SMK lainnya di Kaltim bisa mencontoh SMK Negeri 6 Samarinda untuk bekerjasama dengan perusahaan industri di Kaltim maupun Indonesia.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim M Kurniawan didampingi Kepala SMKN 6 Samarinda Didik Agung Widiantoro menjelaskan kerja sama yang dilakukan ini ada yang baru dan kerja sama lanjutan.

“Kita harap lulus SMK Negeri 6 Samarinda bisa bersaing dan diterima di perusahaan yang telah bekerjasama dengan sekolah. Termasuk siap mendukung pembangunan IKN,” jelasnya.

Untuk lulusan 2022/2023 SMK Negeri 6 Samarinda ada kurang lebih 40 orang sudah diterima bekerja di perusahaan yang telah bekerjasama dengan sekolah.

Perusahaan yang telah menerima lulusan SMK Negeri 6 Samarinda, contohnya PT Karunia Armada Indonesia, PT Gryndo Utama, PT Indo Sejahtera Manunggal, PT Dinar Energi Utama, PT Indosurvey Mining ServiceService dan PT Hexindo.

Penandatanganan dihadiri manajemen perusahaan yang bekerjasama dengan SMKN 6 Samarinda, mulai penandatanganan MoU dan MoA dengan SMK Negeri 6 Samarinda PT Geoservices, PT Global Environment Laboratory, PT Teknik Presisi Persada, PT Sulung Teknik Mega Sekararum Katulistiwa, PT Serba Mulia Auto Daihatsu, PT. Astra International Tbk – Isuzu, PT. Astra International Tbk – Daihatsu, PT. Mahakam Sumber Jaya, PT Exsol Innovindo, PT Berkah Rezeki Ibnu, PT Dinar Energi Utama, PT Alamjaya Bara Pratama dan PT Indo Sejahtera Manunggal. (aya/sk)

Loading