Bumi Perkemahan Mayang Mangurai II Segera Dibangun

Foto bersama usai kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Bumi Perkemahan Mayang Mangurai II

TANJUNG REDEB, swarakaltim.com – Mengingat Bumi Perkemahan Mayang Mangurai sebelumnya yang berlokasi di jalan poros Labanan Kecamatan Teluk Bayur tidak memungkinkan kembali untuk ditempati, sehingga tercetuslah pembangunan Bumi Perkemahan Mayang Mangurai II. Kepastian akan pembangunan tersebut ditandai dengan digelarnya peletakan batu pertama langsung dilakukan Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, Wakil Bupati Berau Gamalis dan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Berau Syarifatul Syadiah, Kamis (7/9/2023) .
Pada kesmepatan itu Bupati Sri Juniarsih yang merupakan Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabincab) Gerakan Pramuka Bumi Batiwakkal menyampaikan, beliau sangat bersyukur atas kegiatan ini yang tentu sebagai kegiatan yang sangat dinanti-nantikan. Dan dirinya menghaturkan rasa syukurnya kepada PT Bara Jaya Utama (BJU) atas penawaran pembangunan di atas tanah seluas 12 hektare tersebut.
“Direalisasikannya Mayang Mangurai II, karena memang Mayang Mangurai I konsesi PT BJU, dan alhamdulillah dari pihak PT BJU menawarkan untuk membangun diatas tanah ini. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada PT BJU,” ungkap Bupati.
Diketahui, pramuka merupakan kegiatan yang berada diluar ruangan dan tentu sangat memerlukan tempat yang representatif untuk berkumpul dan mewadahi kegiatan para anggotanya. Sehingganya, menyadari hal itu memutuskan untuk mendukung semua proses pembangunan Bumi Perkemahan Mayang Mangurai II hingga bisa difungsikan.
“Harapannya selesai akhir tahun. Dan doakan semoga proses pembangunan perkemahan dapat berjalan lancar dan bermanfaat luas bagi masyarakat di Kabupaten Berau,” terang Sri Juniarsih lagi.
Lanjut beliau, melalui Mayang Mangurai II ini nantinya tidak hanya sebagai tempat perkemahan saja. Melainkan, bisa multifungsi hingga dapat dijadikan tempat wisata oleh masyarakat. Selain itu, ia memimpikan dari bumi perkemahan ini nantinya akan lahir pramuka aktif yang memiliki kepribadian tangguh dan berprestasi. Sebagai bibit calon pengganti pemimpin di masa yang akan datang.
“Saya selaku ketua Mabincab berpesan, untuk menjaga kekompakan dan rasa persaudaraan. Saya ingin pramuka menjadi pemersatu, saling mendukung setiap pergerakan dan bukan untuk memecah belah tapi untuk mempersatukan kita semua,” jelas Petinggi di Berau itu.
Serta Bupati menyampaikan harapannya juga, untuk senantiasa dalam mewujudkan SDM yang berkualitas untuk mampu meraih panji keberhasilan pembangunan I di bidang kwartir cabang gerakan pramuka. “Terus giatkan kegiatan pramuka dan lihat indikator-indikatornya, supaya panji itu tidak direbut kabupaten kota lain,” tegas Bupati Sri Juniarsih.
Sementara Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Berau Syarifatul Syadiah mengatakan, ungkapan terima kasih kepada PT BJU dan jajarannya yang menjadikan Kwarcab nantinya memiliki kembali Bumi Perkemahan Mayang Mangurai II. “Atas inisiatif dari PT BJU yang telah memberikan lahan dan hari ini mulai peletakan batu pertama. Mudah-mudahan di akhir tahun, apabila telah selesai dibangun kami bisa segera memanfaatkan untuk kegiatan pramuka,” ucapnya.
Karena ada 3 agenda dari kwartir Kalimantan Timur (Kaltim) yang akan berkegiatan dan pusatnya di Berau. Sehingganya, diharapnya dalam waktu dekat pembangunan sudah selesai dan siap melaksanakan kegiatan itu di Bumi Perkemahan Mayang Mangurai II ini.
“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan melalui Dispora yang sudah membantu kami melaksanakan kegiatan pramuka dengan hibahnya yang kami terima setiap tahun untuk kegiatan kami. Terimakasih juga kepada PT BJU yang selalu memberikan support perkemahan penyiapan lahan ataupun kegiatan yang tidak tercover Pemda dan PT BJU sangat membantu kami,” sambungnya.
Kepala Teknis Tambang PT BJU, Ilham menyatakan, saat ini PT BJU telah melaksanakan penataan lahan untuk fasilitas Bumi Perkemahan Mayang Mangurai II seluas 6 hektare dari dari total luasan 12 hektare. “Kami berkomitmen melaksanakan pembangunan Mayang Mangurai II yang lebih baik sesuai dengan harapan kita semua. Untuk itu, pihaknya meminta doa dan dukungan semua pihak agar pembangunan ini berjalan lancar hingga pembangunan selesai,” imbuh Ilham. (Nht/Asti)

Loading