Tingkatkan Daya Tarik Desa Jembayan, Tiga Situs Bakal Dijadikan Destinasi Wisata Unggulan

Sekretaris Desa Jembayan, Jamli.

KUTAI KARTANEGARA, Swarakaltim.com – Makam Raja Kutai Kartanegara Aji Pangeran Sinom Panji Mendapa, Makam Aulia Habib Abdurrahman bin Husin bin Yahya dan Bunker Jepang peninggalan perang dunia kedua sebagai situs bersejarah Desa Jembayan Kecamatan Loa Kulu akan dikembangkan menjadi destinasi wisata unggulan.

Hal ini sebagaimana disampaikan Sekretaris Desa Jembayan Jamli kepada wartawan Kamis (26/10/2023).

“Tujuan pengembangan ketiga situs bersejarah ini untuk meningkatkan daya tarik desa Jembayan terhadap para wisatawan,” ucapnya.

Selain itu, kata dia, sebagai upaya yang dilakukan oleh pihaknya melestarikan budaya dan sejarah yang ada di Desa Jembayan.

“Kami ingin menjadikan Desa Jembayan sebagai Desa Wisata yang memiliki nilai sejarah dan religi,” katanya,.

Disebutkan, Makam Raja Kutai Kartanegara Aji Pangeran Sinom Panji Mendapa berada di RT 1 sedangkan Makam Aulia Habib Abdurrahman bin Husin bin Yahya beradu RT 15 Desa Jembayan.

Kedua makam tersebut sudah sering dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai daerah untuk melakukan ziarah.

Selain itu, Bunker Jepang juga berada di RT 15 Desa Jembayan dan hingga kini bunker peninggalan Jepang tersebut masih terjaga kondisi keasliannya.

“Kami telah melakukan koordinasi dengan Dispar Kukar, Kami juga ingin mengenalkan sejarah Kutai yang masih ada sehingga anak-anak penerus di Kukar   bisa menghargai sejarah-sejarah di Kutai,” ungkapnya.

Diharapkannya, masyarakat dapat sama-sama merawat, menjaga, dan melestarikan sejarah Kutai yang berada di Desa Jembayan. Karena menurutnya ini aset Desa yang harus dilestarikan dan dijaga.(adv-kominfo kukar/bio/dho)

Loading