Berdayakan Perajin Lokal, Dekranasda Lombakan Busana Kerja Batik

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Setelah sukses pada tahun 2022, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kota Samarinda kembali akan menggelar Lomba Busana Kerja Batik Samarinda yang dikemas dalam event Ekspresi Samarinda di lapangan Parkir GOR Segiri Samarinda, 8 Desember 2023 mendatang. Menariknya, menjadi syarat utama, busana yang dikenakan harus merupakan produk perajin lokal dan ketika mendaftar harus mencantumkan nama brand pelaku usaha.

“Alhamdulillah tahun kemaren lomba ini sukses dan meriah dengan antusias luar biasa para peserta. Dan di bulan Juli 2023 tadi juga kita sudah melaksanakan fashion show Batik Samarinda  yang menampilkan ragam motif Samarinda dan para designer batik Samarinda yang dikemas dengan kreasi dan kolaborasi antara wastra dan kriya dengan seni budaya dan olahraga. Juga menampilkan ciri khas atau yang menjadi ikon dari tiap kecamatan sebagai potensi batik lokal yang terus dan wajib kita kembangkan dan lestarikan,” ucap ketua Dekranasda kota Samarinda, Rinda Wahyuni Andi Harun, Senin (6/11/2023).

Jadi menurut Rinda gelaran mendatang ini juga masih terkait dengan rangkaian sebelumnya. “Banyak motif-motif yang telah dikaryakan para perajin lokal kita di semua kecamatan dengan berbagai khas-khas masing-masing di fashion show batik kemarin, yang nanti bisa diekpresikan pada Lomba Busana Kerja Batik nanti,” imbuh Rinda.

Oleh karena itu Rinda mengajak para ASN OPD maupun ASN di kecamatan/kelurahan meramaikan Lomba Busana Kerja Batik Samarinda ini.

“Untuk memperkenalkan kota Samarinda dalam balutan Batik, kami berharap para ASN ketika sedang dinas luar agar bisa memakai seragamnya,” seru Rinda yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kota Samarinda ini.

Melalui kegiatan ini tentunya diharapkan Rinda bisa menjadi pendorong semangat pelaku UMKM dalam berkarya dan berinovasi untuk mewujudkan karya yang lebih baik dan berdaya saing.

Adapun lomba yang berkerjasama dengan Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian kota Samarinda ini terdiri dari dua kategori, kategori ASN OPD dan kategori ASN Kecamatan/Kelurahan.

Sedang persyaratan Pria dan Wanita (Usia tidak terbatas), ASN di lingkungan Pemkot Samarinda (ASN/PTTB/PTTH) dan mewakili Nama OPD/Kecamatan/Kelurahan tempat bekerja.

Untuk kriteria penilaian menggunakan Batik Produk Samarinda untuk bagian atasan, bagian bawahan menggunakan celana (LK) dan rok (PR) bewarna gelap/hitam, performance dan make up.

Adapun ketentuan busana, yakni busana yang dikenakan layaknya Busana untuk kerja/kantor (rok wanita dan celana pria warna gelap), busana yang dipakai merupakan berbahan Batik (tulis/cap/tulis cap), busana batik merupakan produk pelaku usaha kota Samarinda dan ketika mendaftar harus mencantumkan nama brand pelaku usaha.

Sementara hadiah per kategori, piagam, plakat, souvenir dan uang pembinaan Rp 30 jutaan. Untuk contact person hubungi Ochi HP 08115522883.(DON/KMF-SMR)

Loading