Muhaimin : 141 Atlet Paralympic Balikpapan, Tampil Dengan Maksimal Saat Bertanding

Loading

Balikpapan,swarakaltim.com – Sekertaris Daerah Kota Balikpapan Muhaimin mewakili Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud melepas 141 atlet paralympic , yang akan mengikuti  ajang Pekan Olahraga Paralimpyc tingkat provinsi Kaltim yang akan berlangsung di Balikpapan. Pertandingan akan dimulai tanggal  15-20 November 2023. Pada pelepasan atlet paralympic juga dihadiri Staf Ahli Heria Prisni, Kepala DPOP Balikpapan Ratih Kusuma, Ketua NPCI Kaltim dan NPCI Balikpapan, di Halaman Pemkot Balikpapan, Senin (13/11/2023).

Untuk pertandingan Olahraga Paralimpic di laksanakan di Dome, Tenis Indors Balikpapan, Lapangan Sudirman, Kolam renang Mulawarman, dan Hevindo. Menurut Sekda Kota Balikpapan – Muhaimin, pihaknya meminta kepada kontingen atlet paralympic Balikpapan untuk tampil dengan semangat mencapai prestasi walaupun dalam kondisi terbatas. “Bukan hanya menjadi juara tapi pelaksanaan meski yang terbaik. Artinya sukses penyelengaraan dan sukses jugga dalam prestasinya,” tegasnya, kepada awak media.

Lanjut Muhaimin, tentunya dengan jumlah atlet yang besar, tetapi jangan menghalalkan apapun untuk menang. Selain itu, meskipun  memiliki keterbatasan namun tidak menutup untuk berprestasi. “Ada keterbatasan tapi tidak menutup untuk berprestasi mengalahkan yang normal. Tekad kita jadi yang terbaik di Kaltim tapi dengan cara sportivitas, ” tegasnya.

Muhaimin mengaku, kpertandingan Olahraga Paralimpic ini menggunakan anggaran dari D bon sebesar Rp 5 miliar rupiah. Anggaran ini dialokasikan melalui dana Pemerintah Provinsi Kaltim.

Sementara itu, Sementara Kepala DPOP Balikpapan Ratih Kusuma menambahkan untuk atlet paralympic dan kontingen Balikpapan berjumlah 174 atlet. ”Atlet berjumlah 141 atlet dan 31 pelatih. Secara keseluruhan ada 658 atlet Balikpapan ikut semua 13 cabor. diikuti 9 kabupaten kota,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan, Ketua National Paralympic Committe Indonesia (NPCI) Kaltim Suharyanto Menurutnya, terdapat 913 orang yang terlibat dalam gelaran Peparprov 2023 yakni 615 atlet paralympic, 256 wasit, juri dan 200 pelatih. Kegiatan Peparprov Kaltim 2023 juga di dukung panitia sekitar 200 orang. ” Cabor mencapai 15, namun kini masih menunggu dua cabor bowling dan anggar, ” ujarnya.

Suharyanto menambahkan. kedepan Peparprov ini akan menjadi seleksi Peparnas 2024. Nanti ada TC dari masing-masing kabupaten kota. ” Nah dari sini Peparprov betul-betul diambil untuk peparnas tahun depan ke Medan. Sedangkan untuk anggaran di dapatkan  dari Dbon sekitar Rp 5 miliar, ” tutupnya.(pr)