Dewan Dukung Pembangunan Proyek Pencegahan Abrasi

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – DPRD Kota Balikpapan mendukung upaya pencegahan abrasi di Pantai Segara Sari Manggar, Balikpapan Timur yang dilaksanakan oleh pemerintah.

Pelaksanaan proyek tersebut merupakan salah satu upaya dalam menjaga keunggulan wilayah pantai yang merupakan objek wisata andalan Kota Balikpapan.

Ketua Komisi II DPRD Balikpapan, Suwanto menilai langkah tersebut sangat penting. Apalagi pembangunan ini sebagai upaya pemerintah kota untuk menjaga Pantai Manggar dari kondisi abrasi. Dan diharapkan hal ini dapat terus dilanjutkan sesuai dengan kebutuhan penanganan. “Dengan pembangunan ini semoga manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat, serta dapat memperindah tatanan pesisir,” ujarnya, Jumat  (17/11/2023).

Pemecah ombak ini, lanjut Suwanto, merupakan usulan yang sudah sejak lama. Namun baru terlaksana di tahun 2023 sebagai upaya mencegah adanya abrasi pantai. “Dengan adanya pembangunan ini, mudah-mudahan abrasi pantai bisa berkurang, khususnya di wilayah Pantai Manggar,” jelasnya.

Selain untuk menahan abrasi pantai, menurut Suwanto, pembangunan itu juga bisa menjadi daya tarik tambahan untuk wisatawan saat berkunjung ke Pantai Manggar. “Mungkin saat ini sedang masih banyak debu, karena proses pembangunan, tetapi jika sudah selesai, insyaAllah bakal bagus dan bersih kembali,” tuturnya.

Suwanto berharap Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Balikpapan bisa menjadikan ini sebagai tempat wisata baru. Bahkan mungkin bisa menjadi tempat terumbu karang yang bagus di Pantai Manggar untuk kehidupan biota laut. “Pembangunan pemecah ombak harus tetap menjaga keindahan pantai. Kan orang berkunjung karena keindahan juga,” tambahnya.(pr)

Loading