Ikan di Berau Melimpah, Ortu Diminta Kreatif Hidangkan Makanan Berbahan Dasar Ikan Untuk Anak

TANJUNG REDEB, Swarakaltim.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau sekarang ini gencar gaungkan agar masyarakat Bumi Batiwakkal gemar memakan ikan. Tujuannya, selain karena daerah ini memiliki ikan yang sangat melimpah, ditambah manfaat dari mengkonsumsi ikan sangat baik untuk tubuh khususnya dalam pemenuhan asupan gizi dan protein.

Itu sebabnya orang tua (ortu) khususnya para ibu diminta kreatif dalam membuat hidangan makanan dengan berbahan dasar ikan, agar anak anak tertarik dan suka mengkonsumsinya.

“Karena ikan menjadi solusi efektif dalam mengatasi kasus stunting. Artinya salah satu upaya Pemerintah daerah melalui Dinas Perikanan Kelautan (Diskanlut) dengan membagikan ber ton ton ikan ke masyarakat, apakah dalam rangka Hari Ikan Nasional (Harkanas) tahun 2023, yang jelas langkah tersebut sangat positif untuk mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas,” kata Wakil Ketua I DPRD Berau, Syarifatul Syadiah saat dimintai tanggapannya terkait Harkanas yang jatuh pada tanggal 21 Nopember 2023 kemarin, via Handphone, Rabu (22/11/2023).

Dengan demikian tambahnya, memaknai Harkanas tahun ini ditambah angka stunting di Berau hingga per Oktober ini masih cukup tinggi yakni berjumlah 1700 an. Dirinya berharap orangtua memacu diri memaknai pentingnya sumber protein hewani dari ikan bagi perkembangan tingkat kecerdasan anak, karena mengandung gizi yang tinggi, seimbang, dan mudah diserap tubuh.

Pengenalan dan kebiasaan mengkonsumsi ikan dan olahannya pada menu makan keluarga harus sering dilakukan. Ini sebagai bagian penting dalam pembentukan karakter yang baik dan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas, unggul dan berdaya saing.

“Ikan mengandung protein dan omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak anak, baik dikonsumsi langsung maupun dalam bentuk berbagai olahan agar anak anak senang memakannya. Kalau kita sajikan dalam bentuk hanya digoreng, di rebus akan sulit anak anak mengkonsumsinya,” papar Dewan akrab di sapa Sari itu.

Jadi lanjutnya, agar anak anak dari mereka usia dini gemar makan ikan maka perlu peran aktif orangtua, khususnya para ibu untuk menghidangkan makanan yang kreatif berbahan dasar ikan.

“Karena daerah Berau ini mudah sekali memperoleh jenis ikan dengan harga sangat terjangkau, mari bersama sama memberi makan anak-anak kita dengan berbagai olahan ikan,” pungkas Wakil Rakyat yang merupakan salah satu Srikandi dari Partai Golongan Karya (Golkar) berhasil duduk di lembaga legeslatif Bumi Batiwakkal tersebut. (Adv/Nht)

Loading