Jadi Penyangga IKN di Sektor Pariwisata, Hendaknya Kapasitas Tour Guide di Berau Turut Ditingkatkan

TANJUNG REDEB, Swarakaltim.com – Menjadi penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) di sektor pariwisata memang Kabupaten Berau sangat berpotensi. Karena keanekaragaman objek wisata paling dicari para wisatawan nusantara (wisnus) apalagi wisatawan mancanegara (wisman) ada di Bumi Batiwakkal.

Akan tetapi menurut Anggota Komisi I DPRD Berau, Falentinus Keo Meo bukan hanya fasilitas umum (fasum), akses jalan serta mempermak objek wisata yang ada dianggap perlu. “Tidak kalah penting untuk dipersiapkan adalah kafasitas Sumber Daya Manusia (SDM) para tour guide (pemandu wisata) daerah kita,” jelasnya.

Dengan memiliki tenaga tenaga tour guide mumpuni, pasti akan berdampak lebih positif dalam memajukan sektor pariwisata di Berau. Tersedianya pemandu, erat kaitannya untuk memancing pihak ketiga bersedia turut menawarkan objek wisata Berau. Sehingganya tidak hanya mengandalkan Pemerintah daerah untuk memaksimalkan kunjungan pariwisata ke Bumi Batiwakkal.

“Jadi seiring akses jalan menuju destinasi wisata tahap demi tahap telah disikapi Pemerintah melalui OPD terkait. Armada transportasi via udara juga semakin meningkat, apalagi nantinya kalau sampai terwujud ada pesawat rute langsung Berau ke Bali atau sebaliknya tembus. Hal itu pasti akan berpengaruh cukup besar terhadap pertumbuhan ekonomi di Berau,” papar Falentinus baru baru ini.

Masih di kantor DPRD Jl Gatot Subroto Kecamatan Tanjung Redeb, beliau menambahkan disisi lain objek objek wisata daerah Berau saat ini dalam proses peningkatan juga. Makanya agar lengkap, SDM tour guidenya juga disiapkan.

Pertimbangannya hal itu perlu, karena pariwisata inikan merupakan salah satu sektor yang juga diandalkan dalam menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sekarang hingga kedepan. (Adv/Nht/*)