Tingkatkan Kesadaran Berkendara Para Ojol Dan Jurnalis, Astra Motor Kaltim 2 Gelar Edukasi Safety Riding

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Astra Motor Kaltim 2 kembali menggelar edukasi Safety Riding, di Cafe T-Co Jalan Bangeris Kecamatan Sungai Kunjang, Jum’at (22/12/2023).

Kegiatan ini dihadiri awak media cetak, elektronik dan online serta para perwakilan Ojek Online (Ojol) se-Kota Samarinda.

Dalam kesempatan ini, Instructor Safety Riding Astra Motor Kaltim 2 Fajrin Nur Huda menyampaikan bahwa menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesadaran dalam berkendara, untuk mentaati peraturan lalulintas dan mengecek kendaraan sebelum di gunakan.

“Sesuai dengan tema, yakni Kemanapun Perginya Selalu #Cari_aman, tentunya diharapkan para peserta yang hadir dalam kegiatan ini bisa menerapkan saat hendak berkendara,” lanjutnya.

Fajrin Nur Huda menjelaskan pula bahwa, jika para pengendara tidak mengikuti peraturan yang ada, serta tidak memperhatikan kondisi kendaraan, tentunya berdampak insiden kecelakaan.

“Kegiatan ini, juga bertujuan untuk mengurangi dampak kecelakaan di wilayah Kota Samarinda pada khususnya,” imbuhnya.

Para peserta yang mengikuti kegiatan ini, sangat antusias dan nampak rekan media serta para Ojol selalu berinteraksi untuk menambah wawasan Safety Riding.

“Kegiatan ini, di sertai dengan game edukasi yang dapat memperkuat pemaparan edukasi Safety Riding,” ucapnya.

Ia (red, Fajrin Nur Huda) memaparkan bahwa dalam berkendara wajib menggunakan perlengkapan berkendara seperti menggunakan Helm, Jaket, Sepatu, sarung tangan dan celana panjang serta memeriksa kondisi kendaraan, sehingga bisa mengurangi ataupun mencegah resiko kecelakaan saat berkendara.

“Helm sangat penting digunakan saat berkendara, guna melindungi kepala dari bahaya resiko kecelakaan,” ucap Fajrin saat memberikan materi edukasi Safety Riding di hadapan awak media serta para Ojol Samarinda.

“Namun, Helm yang digunakan wajib pula Standard Nasional Indonesia (SNI) yang teruji dalam melindungi kepala, ketika jatuh saat berkendara,” ungkapnya.

Fajrin mengungkapkan pula bahwa saat ini AHM telah memiliki Safety Riding Park yakni fasilitas pelatihan keselamatan berkendara sepeda motor terbesar di Asia Tenggara.

“Terletak di Greenland Internasional Industrial Center (GIIC) Blok DD No.01 Bekasi,” sambungnya.

“Cari_aman merupakan slogan keselamatan berkendara dari Honda, dan mengajak Kita semua untuk menempatkan keselamatan berkendara diatas kepentingan lainnya, saat berada di jalan,” pungkasnya. (adv/ai)

Loading