Balikpapan Meraih Penghargaan Asean Tourism Awards 2024 di kategori Asean Clean Tourist City Award

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Kota Balikpapan meraih Penghargaan Asean Tourism Awards 2024 di kategori Asean Clean Tourist City Award yang diselenggarakan di Vientiane, Laos.

Dengan mendapatkan penghargaan ini, maka kota Balikpapan bukan hanya sekadar kota, tapi telah menjadi inspirasi bagi kota-kota lain dalam mewujudkan kebersihan dan keindahan lingkungan pariwisata. Penghargaan ini adalah hasil dari kerja keras, kesungguhan, dan dedikasi semua pihak yang terlibat dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Semoga prestasi ini menjadi motivasi untuk terus berinovasi dan menjadi contoh bagi kota-kota lain di seluruh ASEAN. Teruslateth menjaga kebersihan dan keindahan Balikpapan, sehingga tetap menjadi destinasi yang ramah lingkungan dan memukau bagi para wisatawan.

Sebanyak lima kategori penghargaan bergengsi yakni ASEAN Sustainable Tourism Award, ASEAN Clean Tourist City Award, ASEAN Green Hotel Award, dan ASEAN MICE Venue Award.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, penghargaan ini menjadi penanda bahwa promosi sektor pariwisata di Indonesia semakin mendunia dan teramplifikasi.

“Atas nama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kami sangat senang menerima penghargaan di ASEAN Tourism Awards 2024. Indonesia selalu menjadi negara yang dinamis dan berbudaya dengan banyak destinasi indah, dan ini semakin mengukuhkan sekaligus mengangkat nama Indonesia sebagai salah satu pilihan terbaik di kawasan ASEAN,” kata Sandiaga.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispora) Kota Balikpapan Ratih Kusuma merasa bangga dan menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga atas penghargaan tersebut.

“Dengan kebanggaan dan sukacita, kami mengucapkan selamat kepada seluruh warga Balikpapan atas prestasi gemilang dalam meraih Penghargaan Asean Tourism Awards 2024 di kategori Asean Clean Tourist City Award yang diselenggarakan di Vientiane, Laos,” ujarnya.

Menurut Ratih, Balikpapan bukan hanya sekadar kota, tapi telah menjadi inspirasi bagi kota-kota lain dalam mewujudkan kebersihan dan keindahan lingkungan pariwisata. Kata dia, penghargaan ini adalah hasil dari kerja keras, kesungguhan, dan dedikasi semua pihak yang terlibat dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

“Semoga prestasi ini menjadi motivasi untuk terus berinovasi dan menjadi contoh bagi kota-kota lain di seluruh ASEAN. Teruslah menjaga kebersihan dan keindahan Balikpapan, sehingga tetap menjadi destinasi yang ramah lingkungan dan memukau bagi para wisatawan,” pungkasnya.

Berikut ini merupakan daftar lengkap pemenang ASEAN Tourism Awards 2024 setiap kategori:

ASEAN Sustainable Tourism Award:

Ubud Gastronomy, Bali (Rural Product Category);
– Singkong Village, Salatiga (Winning Urban Category).

ASEAN Clean Tourist City Award:
Surabaya;
Balikpapan.

ASEAN Green Hotel Award:
Safari Resort, Bogor;
– Nihi Sumba, NTT;
101 Bali Fontana Seminyak;
– Capella Ubud, Bali;
Plataran Menjangan, Bali.

ASEAN MICE Venue Award:

Hotel JW Marriott Jakarta (Dua Mutiara Ballroom) (Meeting Room Category);

– Hotel Ritz Carlton Jakarta Kuningan (The Ritz-Carlton Grand Ballroom) (Meeting Room Category);

– Hotel El Royale Bandung (The Amarta Pura Grand Ballroom (Meeting Room Category);

– Jakarta International Expo Kemayoran (Hall A, B, C, D, B3, C3 (Exhibition Venue Category);
Jakarta Convention Center (Event Venue Category).(adv-diskominfo bpp/sis)

Loading