Pengelolaan Sampah dan Pelayanan Kesehatan di Pulau Derawan Perlu Perhatian

Foto Wakil Ketua I DPRD Berau, Syarifatul Syadiah

TANJUNG REDEB, swarakaltim.com – Sebagai destinasi pariwisata andalan Kabupaten Berau juga di Kalimantan Timur (Kaltim) dan merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), Pulau Derawan perlu mendapat perhatian lebih dari berbagai sektor.

“Khususnya terkait pengelolaan sampah dan pelayanan kesehatan, kami harapkan menjadi prioritas utama disikapi. Sebab persoalan tersebut masih menjadi aspirasi masyarakat yang minta segera di benahi. Tujuannya agar tidak menganggu aktifitas masyarakat setempat sebagai tuan rumah bagi wisatawan yang bertandang ke wisata bahari daerah kita tercinta tersebut,” tutur Wakil Ketua l DPRD Berau, Syarifatul Syadiah.

Pentingnya pengelolaan sampah tambahnya, tidak hanya untuk menjaga kebersihan pulau dan kenyamanan para pengunjung, tetapi juga untuk mendukung pengembangan pariwisata yang berkelanjutan dan berdaya saing. Kalau masalah sampah belum tersikapi dengan baik maka akan sulit semakin menggaungkan ke permukaan. Karena selain sampah masih terlihat di hamparan pasir putih pantai di Derawan, lokasi pembuang akhir sampahnya juga menyebabkan polusi udara.

“Jadi bantu OPD terkait segera cari solusi demi mempertahankan citra objek wisata bahari andalan daerah kita yakni Pulau Derawan, yang juga keindahannya masuk di mata uang pecahan Rp 20.000 negara kita. Terkiat sektor kesehatan saya hanya meminta OPD teknis perhatikan masalah pelayanan di fasilitas kesehatan disiapkan di pulau itu. Paling tidak, memastikan bahwa Puskesmas di Derawan memenuhi syarat minimum pelayanan kesehatan,” ujar Dewan asal Partai Golongan Karya (Golkar) itu dalam musrenbang di Kecamatan Pulau Derawan beberapa waktu lalu. (Adv/Nht/Day)