Koramil Sangatta Bangun 50 Jamban

Loading

SANGATTA,Swara Kaltim – Lima puluh unit  jamban dibangun Koramil Sangatta, jamban  permanen  diberikan kepada keluarga yang belum mempunyai jamban sehat.

Danramil Sangatta Kapten Inf Arif S, menerangkan pembuatan jamban sehat yang digalakan Koramil Sangatta, bagian dari pogram Gerakan Masyarakat Membangun Sejuta Jamban Untuk Keluarga Indonesia (Gema Sang Juara) yang dicanangkan Kasad TNI-AD.

Dengan menggerakan semangat masyarakat untuk hidup sehat, terutama dari bagian belakang rumag diharapkan derajat kesehatan masyarakat Kutim meningkat.

“Pada Semester II tahun 2019  Koramil Sangatta menargetkan membangun 50 unit jamban sehat untuk masyarakat yang tersebar di Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Rantau Pulung dan Teluk Pandan,” terang Kapten Arif seraya menambahkan pekan pertama  Nopember 2019 sudah selesai.

Mantan Pasi Intel Kodim Sangatta ini mengakui masih banyak warga masyarakat yang belum mempunyai jamban permanen sehingga jika buang hajat menggunakan tempat-tempat terbuka atau di parit sehingga membuat lingkungan tidak sehat.

Program Gema Sang Juara, terangnya tiada lain bagian mengedukasi masyarakat sekaligus meningkatkan lingkungan yang sehat.

Ia menambahkan, pembangunan jamban yang diawali dengan survei ini, merupakan bagian dari Program Mulawarman Peduli yang dicananhkan Pangdam VI Mulawarman.

“Diharapkan masyarakat meningkat kesadarannya, karena dengan BAB sembarangan justru tidak sehat,” ungkap Kapten Arif S.(sdn)