Perang Belum Selesai, Musuh Menyerang Dari Bawah

Loading

PENAJAM, Swara Kaltim – Dandim 0913 PPU Letkol Inf Mahmud mengingatkan anggotanya yang dikerahkan ke lokasi kebakaran hutan dan lahan (Karthutla) untuk mewaspadai serangan api yang tiba-tiba membara.

Peringatan serius ini, dikemukakannya, karena lahan yang terbakar di Kelurahan Petung dan Desa Giripurwa, umumnya gambut.

Dijelaskan Dandim Inf Mahmud, upaya pemadaman Karhutla di PPU melibatkan aggota Kodim PPU dan anggota  Yon Zipur 17 ADm,  Polres PPU, tim Pemadam, Manggala Agni, BPBD. Karena lahan yang terbakar gambut.

Dandim Mahmud menyebutkan perang belum selesai dan  musuh menyerang dari bawah sehingga ia mengingatkan anggota yang terlibat pemadaman Karhutla berhati-hati karena bisa saja  tanah yang kita pijak justru bara api.

“Pemadaman kebakaran lahan gambut ini diperkirakan sudah mencapai 80 persen  dan diperkirakan untuk luasan area yang terbakar telah mencapai Kurang lebih 110 hektar,” terang Dandim.

Walaupun sudah berhari-hari bergelut dengan selang dan menghirup asap gambut namun semangat pantang pulang sebelum padam masing dipedomani Prajurit TNI-AD baik dari kodim 0913 PPU maupun dari BKO Yon Zipur 17 AD. (sdn)