Kasus Narkoba Meningkat, Tercatat Ada 100 Tersangka Dalam Setahun

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) dan Mahakam Ulu (Mahulu), menggelar Press Release akhir tahun dalam rangka mengukur keberhasilan kinerja yang telah dilaksanakan dalam kurun waktu tahun 2019.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Kubar AKBP Roy Satya Putra didampi para Kasat diantaranya Kasat Narkoba Iptu Darwis dan menghadirkan 14 tersangka, serta sejumlah barang bukti, Selasa (31/12/2019).

Dalam kesempatan itu, AKBP Roya Satya Putra memaparkan secara langsung sejumlah hasil analisa dan evaluasi kondisi kamtibmas yang terjadi selama tahun 2019 dengan perbandingan kondisi kamtibmas di tahun 2018.

“Dalam kurun waktu setahun, kami telah menyelasaikan kasus perkara ditangani Satreskim sebanyak 72.7 persen, terdiri dari 77 kasu CT dan 56 kasus CC. Kemudian penyelesaian kasus perkara tindak pidana narkotika mengalami kenaikan 7 kasus dari perbandingan tahun 2018-2019 atau (8,6%),” ungkap Kapolres.

Lanjutnya, adapun penyelesaian kasus perkara tindak pidana korupsi dasar laporan 1 kasus dengan 2 tersangka yang telah diselesaikan. Kemudian perkara tindak pidana kasus perkara PPA sebanyak 16 kasus, namun sudah 10 kasus yang selesai. Kemudian 6 kasus masih dalam tahap proses.

Sementara dari kasus penangan Satlantas dari pelanggaran tilang dan non tilang sebanyak 13.414 kasus mengalami penurunan (401%), dengan jumlah laka lantas 8 kasus (19%). Sedangkan tindak pidana narkotika mengalami kenaikan 7 kasus dari tahun 2018 atau (8,6%).

Secara rinci Kapolres juga memaparkan sejumlah kasus perkara dan barang bukti yang telah berhasil diamankan dalam kurun waktu tahun 2019. Diantaranya tindak pidana narkotika berbagai jenis, sebanyak (242 poket sabu), (12,870 butir Doble-L), (2,958 butir zenit carnopen), dengan jumlah 100 orang tersangka.

“Release ini merupakan wujud keterbukaan informasi kami kepada publik atas kinerja yang telah dilaksanakan Polres Kubar dalam setahun, dan juga sekaligus sebagai acuan untuk lebih meningkatkan kinerja selanjutnya,” pungkasnya. (*)

Penulis : Alfian

Editor. : Redaksi

Bagikan:

Related posts