Pertama Kali di Polres Kubar, Kasdi Purna Tugas Berpangkat AKBP

Kompol Kasdi Polres Kutai Barat

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Menjadi anggota Kepolisian Republik Indonesia selama 35 tahun bukan hal yang mudah, banyak rintangan dan cobaan yang dilewati demi menjadi anggota Polri sebagai pengayom masyarakat.

Hal itu dikatakan Kepala Bagian Perencanaan (Kabag Ren) berpangkat Komisaris Polisi (Kompol) Kasdi, setelah menerima kenaikan pangkat sebagai Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) diakhir pengabdian tugasnya selama 35 tahun sebagai anggota Polri.

Kasdi menerima penghargaan kenaikan pangkat itu secara bersamaan 106 porsonel Polres Kubar dan Mahulu, dalam upacara korp raport kenaikan pangkat TMT 1 Januari 2020 dan purnabhakti, yang dipimpin langsung oleh Kapolres Kubar AKBP Roy Satya Putra, Senin (30/12) lalu.

Secara simbolis, Kapolres Kubar AKBP Roy Satya Putra, memimpin upacara korp raport kenaikan pangkat TMT 1 Januari 2020 dan purnabhakti, personel polres Kubar, Senin (30/12/2019).

Pria berusia 58 tahun pada Februari 2020 mendatang, berasal dari Kabupaten Pati Jawa Tengah ini, mengawal karirnya sebagai anggota Polresta Samarinda sejak 1984 kemudian dipindah tugaskan menjadi Kapolsek Barong Tongkok sejak 17 Agustus 2009-2013.

Setelah meniti prestasi berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) sebagai Kapolsek Barong Tongkok di tahun 2013. Kasdi kembali menoreh kenaikan pangkat mawar satu menjabat sebagai Kasubag Pers selama 6 bulan di Mapolres Kubar. Kemudian kedua pundaknya ditopang dua mawar berpangkat Kompol yang diakhir masa jabatannya tahun 2019 sebagai Kabag Ren di Mapolres Kubar.

Dasar penghargaan kenaikan pangkat diakhir masa tugasnya selama 10 tahun lebih di Mapolres Kubar. Suami dari Neti Sutanti ini, diusulkan naik pangkat karena selama 35 tahun berdinas sebagai Polri, tidak ada catatan khusus atau melanggar yang dapat mencoreng nama baik Polri di masyarakat.

Tampak Kapolres Kubar AKBP Roy Satya Putra didampingi istri, memberikan selamat atas penganugrahan pangkat AKBP diakhir masa tugasnya Kasdi sebagai anggota Polri di Mapolres Kubar.

Diketahui, Kasdi salah satu Perwira di Mapolres Kubar yang dikenal ramah dan santun kepada semua kalangan masyarakat. Pria dua anak ini pun, mencetak sejarah dari sekian perwira yang telah purna tugas di Mapolres Kubar mendapat penghargaan di akhir masa tugasnya berpangkat AKBP untuk yang pertama kalinya di Mapolres Kubar.

“Terimakasih kepada Polri khususnya Polres Kubar yang telah menempatkan posisi jabatan saya sebagai Kabag Ren. Kemudian diakhir masa tugas saya sebagai anggota Polri, disisi lain saya merasa bangga atas penganugrahan pangkat AKBP yang diberikan oleh negara,” ungkap Kasdi.

Selain itu, Kasdi juga mengucapkan terimakasih kepada Istrinya Neti Sutanti yang telah setia mendampinginya dalam melaksanakan tugas sebagai anggota Polri pengayom masyarakat. Ia juga menceritakan pengalaman tugas di kepolisian yang sangat berharga didapatnya. Selain prestasi, dirinya juga mengikuti jenjang pendidikan di tubuh Polri.

“Jadi seorang polisi tidak boleh kasar dan sombong kepada siapapun. Maka dari itu, saya juga berpesan kepada seluruh anggota polisi muda yang bertugas di wilayah Kubar dan Mahulu, agar santun kepada semua orang, terutama disiplin dalam tugas dan hormat terhadap pimpinan,” pesan Kasdi.

Diakhir masa baktinya itu, Kasdi juga mengucapkan terima kasih kepada insan pers atas kerja samanya dalam hal publikasi sebagai mitra Kepolisian di Polres Kubar. “Jika ada hal-hal yang kurang berkenan mungkin secara pribadi, saya minta maaf,” imbuhnya.

Diusianya ke 58 tahun itu, pasangan Kasdi dan Neti Sutanti dianugrahi dua arang anak, yakni anak pertama seorang gadis perempuan yang saat ini mengeluti profesi sebagai perawat kesehatan di Rumah Sakit Samarinda Medika Citra (SMC).

Kemudian anak kedua seorang laki-laki yang sedang menempuh jenjang pendidikan lebih tinggi di Fakultas Teknik Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda Provinsi Kalimantan Timur.

Penulis : Alfian

Editor    : Redaksi

Bagikan:

Related posts