Wisatawan Mancanegara Hilang di Hutan Kalimantan, Ditemukan Satgas Pantas RI-Malaysia

MALINAU, Swarakaltim.com – Seorang Wisatawan mancanegara asal Australia yang bernama Stephen Leonard Camkin beserta Tour Guid bernama Mukhtar yang hilang di hutan selama seminggu lebih berhasil ditemukan.

Kedua korban dalam kondisi drop saat ditemukan, anggota TNI Batalyon Infanteri Raider Yonif 303/SSM Kostrad yang bertugas di perbatasan RI-Malaysia, Sabtu (4/1/2020), tepatnya di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara.

“Kedua wisatawan itu tersesat selama seminggu lebih diwilayah hutan Long Tua, Kampung Apaupung, Kecamatan Bahau Ulu, Malinau. Tersesatnya kedua wisatawan ini akibat ditinggal oleh pemandu wisata asal Kampung Long Layu, dengan berbekal logistik terbatas,” ungkap Dansatgas Yonif Raider 303/SSM Kostrad, Letkol INF Taupik Ismail, Rabu (8/1) kemarin.

Menurutnya, kabar adanya seorang wisatawan dan seorang Tour Guide hilang di dalam hutan berawal dari informasi Kepala Kampung Apauping kepada Komandan SSK I Pos Apauping Satagas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 303/SSM Kostrad, Lettu Inf Suhendra.

Kemudian ia menugaskan Depalan orang Anggotanya dibawah pimpinan Serda Satria Situmorang bersama warga langsung melakukan pencarian pada hari kamis (1/1/2020).

Pencarian pun dilakukan bersama dengan warga sekitar, untuk masuk kedalam hutan dan menyisir bantaran Sungai Bahau Ulu untuk melakukan pencarian kedua wisatawan tersebut.

“Keduanya ditemukan di wilayah hutan tepatnya di sekitar Sungai dalam kondisi drop. Bersama anggota, warga langsung mengevakuasi kedua korban untuk beristirahat di rumah Kepala Kampung Apaupung, sambil menunggu petunjuk dari Polres Malinau,” pungkasnya.

Penulis : Alfian

Editor : Redaksi

Bagikan:

Related posts