Siswa SDN Batu Majang Outbond Bersama Satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM

Setelah Out Bound, Siswa SDN Batu Majang, Diajak Keliling Kampung Gunakan Truk TNI

MAHAKAM ULU, Swarakaltim.com – Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa serta meningkatkan soft skill bagi anak-anak di perbatasan, Satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM Kostrad, menggelar outbound khusus bagi siswa Sekolah Dasar di Pos Komando Taktis (Kotis) Kampung Batu Majang, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu, pada sabtu (18/1) kemarin.

Pada pelaksanaan out bound yang dipimpin oleh Sertu JW Sitompul ini dimulai dengan materi tentang pertolongan pertama dalam kecelakaan khususnya luka luar kepada 70 orang siswa SDN 05 Batu Majang, yang diberikan langsung oleh Pratu Irwan, menjabat sebagai tamtama  kesehatan Satagas Pamtas Yonif Raider 303/SSM Kostrad.

Selain memberi pengetahuan tentang kesehatan anggota pos kotis juga mengadakan beberpa perlombaan outbound guna meningkatkan keterampilan, semangat dan memotivasi siswa-siswi SDN 005 Batu Majang.

Beberapa materi outbound yang diperlombakan antara lain lomba memindahkan bola secara estafet dengan kepala, lomba bakiak dan lomba estafet karet gelang dengan sedotan. Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk rasa kebersamaan, motivasi serta soft skill anak-anak khususnya dalam melaksanakan setiap kegiatan.

Komandan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 303/SSM Kostrad Letkol Inf Taufik Ismail mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu cara anggota Pos Kotis untuk menjalin kerjasama, kebersaman, kekeluargaan, hubungan sosial dan juga persaudaraan terhadap masyarakat di wilayah tugas di perbatasan. Selain merupakan bagian dari program TNI mengajar di dalam ruang kelas, juga memberikan pengajaran di luar ruangan kelas.

“Kegiatan ini merupakan salah satu pola untuk memberikan wawasan serta pengetahuan secara tidak langsung mengajak anak-anak perbatasan untuk menjaga kesehatan dan kesegaran jasmani, dengan cara melaksanakan perlombaan yang dilaksanakan pada outbound kali ini,” ungkap Ismail.

Kepala SDN 05 Batu Majang, Fransiskus Ajang, mengucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan outbound tersebut. Dirinya menyebut, adanya kegiatan ini dapat memberikan motivasi dan semangat kepada siswanya di perbatasan.

“Terimakasi kepada Satgas Pamtas RI-Malaysia atas kegiatan outbond ini. Sangat membantu untuk lebih meningkatkan kemampuan para siswa SDN 05 Batu Bajang, agar lebih semangat belajar serta meningkatkan kerjasama sehingga dapat menciptakan rasa kebersamaan antar sesama,” imbuh Ajang.

Diketahui, dalam akhir kegiatan outbond tersebut, ditutup dengan pembagian bingkisan berupa susu sachet dan buku kepada para siswa dan keliling bersama menggunakan truk militer di seputaran Kampung Batu Majang.

Penulis : Afian

Editor   : Redaksi

Bagikan:

Related posts