Bulan: Dihari Kartini, Kesetaraan Gender Tak Lupa Kodratnya Sebagai Wanita

MAHAKAM ULU, Swarakaltim.com – Seiring waktu berjalan hingga sampai saat ini Raden Adjeng Kartini atau disebut Raden Ayu Kartini adalah seorang tokoh dan Pahlawan Nasional Indonesia.

Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi dan menjadi inspirasi banyak kaum perempuan di Indonesia dalam penyetaraan gender persamaan antara laki-laki dan perempuan.

Begitulah yang disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Mahakam Ulu, Novita Bulan SE,MBA, kepada media ini Selasa (21/4/2020), saat ditanya terkait sosok pahlawan kaum perempuan dihari lahir Kartini pada 21 April yang dikenal sebagai Hari Kartini.

“Bisa kita lihat, dijaman milenial saat ini bayak perempuan yang bekerja mandiri dalam menopang perekonomian rumah tangganya. Terlepas dari itu perempuan tetaplah perempuan yang harus bisa menjadi ibu yang baik untuk anak-anaknya,” imbuh Bulan.

Kata dia, kesetaraan gender tentu tidak sampai melupakan kodratnya sebagai politisi wanita mengemban tugas Ketua DPRD Mahulu yang harus tetap mengurus anak-anaknya, menjadi guru serta mengabdi sebagai wakil rakyat Mahulu khususnya kaum perempuan di wilayah ini.

“Perempuan juga harus multi telenta. Numun jangan sampai melupakan kodratnya sebagai wanita. Apalagi sebagai wakil rakyat, jangan sampai pekerjaan menjadi hambatan dalam mengurus rumah tangga sehingga kasih sayang yang diberikan kepada anak dan keluarga menjadi berkurang,” tadasnya.

Lanjut Bulan, RA Kartini merupakan pejuang perempuan yang dimasanya dan sampai saat ini sangatlah di kagumi. Namun terlepas dari itu juga, Kartini merupakan sosok ibu yang tetap menjalankan segala kewajibannya terhadap keluarganya. Sehingga bisa menjadi contoh bagi kaum perempuan saat ini.

“Sebagai perempuan tidak lupa saya mengucapkan selamat memperingati hari Kartini, semoga semangat beliau bisa menjadi inspirasi serta semangat bagi kaum perempuan di Indonesia untuk melawan diskriminasi terhadap perempuan yang masih terjadi sampai saat ini,” pungkasnya.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi (SK)

Bagikan:

Related posts