Koperasi Ternak Berkah Salama Jaya Kalimantan Timur Kembangkan Sayapnya di Kubar dan Mahulu

Koperasi Ternak Salama Jaya Kaltim Kembangkan Sayapnya di Kubar-Mahulu

Caption: Ketua Koperasi Ternak Berkah Salama Jaya Kaltim (kemeja putih) foto bersama usai pengesahan dan pelantikan pengurus 2 unit cabang koperasi di Kubar-Mahulu

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Menjalani usaha sebagai peternakan sapi memiliki prospek cerah bernilai ekonomi tinggi manakala dikelola secara baik dan benar. Dengan demikian  peternak berpeluang mendapat penghasilan guna meningkatkan kesejahteraannya.

Selama ini kita ketahui daging sapi produk impor terus dijadikan solusi oleh pemerintah untuk menutupi kekurangan pasokan daging jelang menyambut hari-hari besar secara nasional di Indonesia.

Sejak lama langkah ini diambil karena jumlah produksi daging sapi jelang hari raya kurban dan akhir tahun tidak mencukupi sesuai kebutuhan pasar di sejumlah daerah seperti wilayah Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur.

Sehingga pengembangbiakan sapi indukan tidak harus dilakukan feedloter sendiri, tapi bisa dikerjasamakan dengan Koperasi Ternak Berkah Salama Jaya Kalimantan Timur, yang saat ini telah membuka 2 unit cabang koperasi ternak di Kecamatan Sekolaq Darat dan Tering Kubar.

“Saat ini Koperasi Ternak Berkah Salama Jaya telah memiliki 11 unit cabang dengan 221 anggota di wilayah Kaltim,” ungkap Suparlan Ketua Koperasi Induk berbadan hukum PT ini, usai pelantikan dan pengesahan pengurus 2 unit di Sekolaq Darat dan Tering, Selasa (16/6/2020).

Namun tak disitu saja, Suparlan yang dikenal sebagai Ketua PSHT Cabang Kubar-Mahulu ini, mengaku akan terus mengembangkan sayap koperasi ternaknya itu bagi seluruh peternak sapi yang ingin bergabung, dengan harapan sehingga populasi sapi di wilayah dua kabupaten ini juga meningkat.

“Untuk Kubar dan Mahulu saat ini masuk dalam naungan unit koperasi ternak di Sekolaq Darat dan Tering yang nantinya akan menyusul pembentukan unit koperasi ternak lainnya seperti di daerah kabupaten/kota di Kaltim,” imbuh Suparlan yang juga Ketua bidang peternakan di DPD KNPI Kubar ini.

Ia menyebut, menjadi peternak  sapi memiliki prospek cerah bernilai ekonomi tinggi manakala dikelola secara  baik dan benar. Dengan demikian peternak  berpeluang mendapat penghasilan guna meningkatkan kesejahteraannya.

“Oleh karena itu dengan hadirnya Koperasi Ternak Berkah Salama Jaya ini di Kubar dan Mahulu, dapat dijadikan mitra bagi kelompok peternak sapi yang ingin bergabung. Karena pada dasarnya menjanjikan keuntungan yang lumayan besar, apabila dikelola  secara sungguh-sungguh sesuai aturan cara beternak yang benar,” tuturnya.

Dapat diketahui, Koperasi Ternak Berkah Salama Jaya Kalimantan Timur, telah bekerjasama melalui pihak donatur bank rakyat indonsia (BRI) dan juga DPD KNPI Kubar yang sejalan dengan visi-misi Pemkab Kubar untuk kesejahteraan masyarakat melalui petani ternak di 16 Kecamatan se-Kubar.

Hadir dalam pelantikan dan pengesahan 2 unit pengurus Koperasi Ternak Berkah Salama Jaya di Sekolaq Darat dan Tering, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kubar Sapriansyah, Sekretaris DPD KNPI Kubar Fahruziansyah Bachsan dan puluhan petani ternak sapi yang tergabung dalam koperasi tersebut.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi (SK)

Bagikan:

Related posts