Pemkab Mahulu Jawab Pandangan Umum 4 Fraksi

MAHAKAM ULU, Swarakaltim.com – DPRD Kabupaten Mahakam Ulu melanjutkan sidang pemandangan umum fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pertanggung jawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Mahulu tahun 2019.

Paripurna itu dengan agenda penyampaian jawaban pemerintah atas pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Mahulu tentang Raperda pertanggung jawaban pelaksanaan APBD 2019. Kegiatan paripurna ke IX masa sidang II itu berlangsung di ruang rapat Bappedalitbangda Mahulu, 27 Juli 2020.

Sidang yang dipimpin Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan didampingi Wakil Ketua Tiopilus Hanye dan dihadiri anggota DPRD Mahulu. Sedangkan dari pemerintah dihadiri Wakil Bupati Mahulu Y Juan Jenau dan para pimpinan OPD setempat.

Jawaban pemerintah disampaikan Y Juan Jenau untuk 4 fraksi yang secara berurutan mulai dari pandangan umum Fraksi Partai Gerindra, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi PKB dan Fraksi Golkar dan Demokrat (GolDem).

Rata-rata pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Mahulu menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Mahulu yang telah meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) LKPD tahun 2019. Pemerintah juga menyampaikan apresiasi kepada fraksi-fraksi DPRD Mahulu atas apresiasi yang diberikan kepada pemerintah.

Fraksi-fraksi juga memberikan catatan kritis, usul dan saran kepada pemerintah terhadap persoalan yang terjadi di tahun 2019, mulai dari realisasi pencapaian PAD, Pendidikan, Infrastruktur jalan serta penyerapan anggaran APBD hingga transfer pemerintah pusat pada APBD atau APBD Perubahan, hingga perencanaan dan pelaksanaan anggaran khusus di UPTD alat berat Kabupaten Mahulu.

“Terimakasih atas semua masukan dalam upaya pencapaian target secara

signifikan. Pemerintah perlu juga menjelaskan bahwa dalam menentukan kebijakan peningkatan PAD harus sesuai kewenangan pemerintah daerah. Regulasi yang ada serta sektor-sektor yang berpotensi meningkatkan PAD. Hal ini

mengingat wilayah Mahulu 80% masuk dalam wilayah heart of borneo,” jelas Juan.

Sementara Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, mengharapkan kepada pemerintah agar memperhatikan catatan-catatan yang diberikan DPRD dan menindaklanjuti usulan serta saran fraksi-fraksi di tahun yang akan datang.

“Kita mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemkab Mahulu selama ini, terutama atas hasil capaian kinerja disegala bidang yang telah ditunjukan eksekutif dalam membangun Bumi Urip Kerimaan ke arah yang lebih baik.

Bulan juga berharap kedepan pembangunan di Kabupaten Mahulu dapat terus berjalan dengan baik terutama yang menyentuh langsung pada pelayanan kepada masyarakat di 50 kampung se-Mahulu ini.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi (SK)

Bagikan:

Related posts