KPU Sahkan Nomor Urut JUARA dan BONI-AVUN di Pilkada Mahulu 2020

Loading

MAHAKAM ULU, Swarakaltim.com – Setelah ditetapkannya dua pasangan calon (Paslon) sebagai peserta yang siap berlaga dalam pemilihan kepalada daerah (Pilkada) Kabupaten Mahakam Ulu 2020.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mahulu, menggelar rapat pleno terbuka pengundian dan pengumuman nomor urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati Mahulu di Balai Adat Kabupaten di Ujuh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Kamis (24/9/2020).

Rapat pleno tersebut dilaksanakan terbatas. Dari setiap paslon hanya satu perwakilan dari masing-masing Parpol pengusung yang dapat masuk ke dalam ruangan rapat pleno. Hal tersebut untuk menghindari penyebaran Corona Virus ditengah Pandemi Covid-19.

Secara resmi kedua Paslon yakni Bonifasius Belawan Geh-Yohanes Avun (Boni-Avun) dan Paslon Y Juan Jenau-Indra Jaya (Juara), mencabut nomor urut yang telah disiapkan pihak penyelenggara. Proses pencabutan nomor urut cukup menegangkan, hal tersebut terlihat dari raut muka para paslon.

“Kedua Paslon telah resmi mendapat nomor urut. Yakni Paslon Juara medapat nomor urut (1). Kemudian Paslon Bonifasius Belawan Geh-Yohanes Avun mandapat nomor urut (2),” ungkap Ketua KPU Mahulu, Frederik Melawen kepada awak media, usai kegiatan tersebut.

Frederik menambahkan, pencabutan dan pengumuman nomor peserta paslon sudah melalui berbagai tahapan, yang tak luput dari pantauan badan pengawas pemilu (Bawaslu) kabupaten Mahulu.

“Setiap tahapan selalu mentaati protokol kesehatan ditengah Pandemi covid-19. Hari ini ada dua kegiatan, selain pencabutan dan pengumuman nomor urut. Dilanjutkan dengan deklarasi pemilu damai pada pukul 13.15 WITA, diikuti para paslon,” tutur Frederik.

Pantauan media ini, hadir dalam pleno pencabutan nomor dan deklarasi pemilu damai, dihadiri Ketua DPRD Mahulu, Novita Bulan, PK Sekda Mahulu Stepanus Madang, Wakil Ketua DPRD Mahulu Tiopilus Hanye, Ketua Bawaslu Mahulu, Kesbangpol, perwakilan Polres dan Kodim 0912/kbr, Kapolsek dan Koramil Long Bagun, serta seluruh komisioner KPU Mahulu. (Adv)


Penulis : Alfian


Editor. : Redaksi (SK)