Pengambilan Sumpah Janji PNS, Sugeng Tegaskan Jangan Hanya Seremonial

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKP2D) Kota Samarinda menyelenggarakan Pelaksanaan Pengambilan Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemerintah Kota Samarinda di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Samarinda, Senin (09/11/2020).

Pengambilan Sumpah/Janji PNS langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda Sugeng Chairuddin serta diikuti 172 orang peserta, terdiri dari 10 orang di Aula Rujab dan sisanya mengikuti secara online (video conference).

Sugeng saat membacakan sambutan Wali Kota mengatakan, Pengambilan Sumpah/Janji PNS merupakan kewajiban setiap calon PNS yang telah diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil.

Menurutnya secara hakikat sumpah dan janji bermakna pernyataan kesanggupan yang harus ditaati, dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan baik kepada atasan yang berwenang maupun dihadapan Tuhan Yang Maha Esa, kelak.

“Pengambilan Sumpah / Janji jangan dilihat dari sisi seremonialnya saja, cermati makna hakikinya yakni bagaimana setiap pegawai negeri tahu dan sadar untuk untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu berdasarkan aturan yang berlaku,” ucap Sugeng.

Selain, itu Sugeng juga menyampaikan pesan Wali Kota Syaharie Jaang kepada para PNS tanpa terkecuali untuk selalu bersyukur, terutama dimasa pandemi covid – 19 ini, dimana masih banyak saudara – saudara di lingkungan sekitar, sebangsa dan setanah air juga di Kota Samarinda kehidupannya masih kurang mendukung.

“Akhir-akhir ini dimasa pandemi seperti saat ini banyak saudara-saudara kita yang kesulitan, yang tadinya senang menjadi setengah senang, yang setengah senang menjadi susah dan bisa jadi yang susah menjadi sangat sulit hidupnya, oleh sebab itu Aparatur Sipil Negara (ASN), kita perlu bersyukur telah mendapatkan anugerah menjadi bagian dari Negara Republik Indonesia ini,” ucap Sugeng.

“Selamat kepada para PNS yang baru saja diambil sumpah dan janjinya semoga menambah semangat dalam bekerja dan menjalankan tugasnya,” tutupnya. (fer/don/kmf-smd)

Loading