Kafilah Sungai Pinang Juara Umum MTQ Kota Samarinda 2020

Loading

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Akhirnya kafilah MTQ kecamatan Sungai Pinang keluar sebagai juara umum pada Musabaqah Tilawatil Al Quran (MTQ) tingkat kota Samarinda ke 42 tahun 2020.

Hal ini terungkap pada Penutupan sekaligus pengumuman hasil MTQ Kota Samarinda di Aula MAN 1 Samarinda Jalan Pangeran Suryanata, Minggu (8/11/2020) siang.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Samarinda Tejo Sutarnoto yang berkesempatan menutup MTQ ke-42 tingkat Kota Samarinda yang diselenggarakan mulai tanggal 2-7 November 2020 mewakili Walikota Samarinda Syaharie Jaang mengatakan Pemkot Samarinda sangat mengapresiasi kinerja panitia dan tuan rumah yaitu Kecamatan Samarinda Ulu yang sudah bersusah payah mensukseskan MTQ ke – 42 ini meski dalam kondisi Covid-19.

“Terima Kasih juga kami sampaikan kepada Kepala Sekolah MAN I, SMAN 3, SMAN 5, SMPN 4, SMPN 5 Samarinda yang telah menyediakan fasilitas untuk penyelenggaraan MTQ Tahun ini. Kami juga tak lupa mohon maaf bila dalam pelaksanaan MTQ kali ini ada kekurangannya serta keterbatasan dalam kondisi Pandemi Covid-19,” ucap Tejo yang juga Asisten I Setda Samarinda ini.

Ia mengucapkan selamat kepada para seluruh juara. Berharap para juara bisa mewakili Kota Samarinda untuk mengikuti MTQ tingkat Provinsi Kaltim yang rencananya akan diselenggarakan di Kota Bontang dan berlanjut ke tingkat Nasional yang rencananya diselenggarakan di Kota Padang.

“Piala bergilir MTQ Kota Samarinda nanti akan diberikan pada tanggal (11/11/2020) di Hotel Bumi Senyiur sekaligus dalam acara pembukaan seleksi DAI yang diadakan oleh Bagian Kesra Kota Samarinda. Selain itu MTQ kota Samarinda ini menjadi satu-satunya MTQ dengan wajib mematuhi Protokol Kesehatan di Kaltim serta tanpa adanya penonton umum tidak seperti biasanya. Dan kebetulan Kabupaten atau Kota di Seluruh Kaltim lainnya belum bisa menyelenggarakan MTQ karena adanya Covid-19,” tambahnya.

MTQ tingkat kota Samarinda sendiri diikuti 380 orang qori dan qoriah dari 10 kecamatan ditambah 27 orang official dengan 8 Cabang yang dibagi dalam 24 golongan serta baru tahun ini membuka untuk cacat netra (Canet).

Adapun susunan juara adalah Juara I Sungai Pinang dengan total nilai 111, Juara II Samarinda Ulu dengan total nilai 61, Juara III Palaran dengan total nilai 54, Juara IV Samarinda Ilir dengan total nilai 27, Juara V Sungai Kunjang dengan total nilai 25, Juara VI Loa Janan Ilir dengan total nilai 25, Juara VII Sambutan dengan total nilai 24, Juara VIII Samarinda Utara dengan total nilai 20, Juara IX Samarinda Kota dengan total nilai 15, Juara X Samarinda Seberang dengan total nilai 6.

Selain itu Dewan Hakim memutuskan peserta dengan nomor 081 atas nama Sayidah Salma dari Sungai Pinang ditetapkan sebagai peserta istimewa pada MTQ ke-42 Tahun 2020 Tingkat Kota Samarinda

Sementara itu Ketua Panitia yang juga Camat Samarinda Ulu Muhammad Fahmi melaporkan bahwa Kesuksesan MTQ ke-42 tahun 2020 Tingkat Kota Samarinda ditengah Pandemi Covid-19 merupakan kebanggaan tersendiri bagi segenap seluruh panitia yang terus berupaya sebaik mungkin dan penuh keiklhasan.

“Maksud dan tujuan MTQ yang diselenggarakan tiap tahun ini tak lain untuk memberikan motivasi kepada seluruh masyarakat Samarinda untuk mempelajari, memahami, membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar serta diamalkan pada kehidupan sehari-hari. Kami juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut mensukseskan MTQ ke-42 tahun 2020 Tingkat Kota Samarinda di Samarinda Ulu baik seluruh panitia juga para Donatur,” pungkas Fahmi

Ikut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Kemenag Kota Samarinda Masdar Amin, Kabag Kesra Kota Samarinda Abdul Jami, Camat Se Kota Samarinda, Kapolsek, Danramil Samarinda Ulu, Sekretaris LPTQ, LPTQ Se-Kota Samarinda, Koordinator Dewan Hakim dan seluruh undangan terkait lainnya.(bay/don/kmf-smd)