Akhirnya Surat Suara Tiba, Hari Ini Dilipat 16 Kelompok

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Akhirnya surat suara sebanyak 298 koli yang didatangkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Samarinda tiba dan langsung disimpan di gudang kawasan jalan Pangeran Suryanata, Jumat (20/11/2020) siang kemarin.

Seperti diketahui hari pencoblosan Pilkada kota Samarinda serentak dilaksanakan 9 Desember yang sudah semakin dekat waktunya. Surat suara 298 koli itu untuk mengakomodir total 576.981 Daftar Pemilih Tetap (DPT), yang ditambah 2,5 persen surat suara di masing- masing tempat pemungutan suara (TPS), dan 2 ribu surat suara pemilu ulang.

“Surat suara ini dibuat dan dikemas dengan standar protokol kesehatan. Tidak boleh disentuh oleh orang lain selain karyawan pabrik. Karena berbahan kardus, gak mungkinkan disemprot disinfektan. Jadi selama proses di percetakan selalu diawasi intens,” ucap Ketua KPU Kota Samarinda Firman Hidayat kepada wartawan Sabtu (21/11/2020) pagi.

Ia mengemukakan surat tersebut dicetak di Temprina Media Grafika yang diketahui merupakan salah satu bagian perusahaan percetakan Jawa Pos Group yang berlokasi di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Menurutnya surat suara dibawa via kapal dari Surabaya dan diantar bersamaan dengan surat suara Kota Balikpapan. Dalam perjalanan surat suara ini dalam pengawalan ketat pihak keamanan.

Dikemukakannya Sabtu hari ini sebanyak 600 ribu surat suara akan dilipat bersamaan. Total 80 orang yang dibagi dalam 16 kelompok dan berisikan 5 orang ditargetkan selesai menyelesaikan pelipatan surat suara tersebut dalam waktu 3 hari.

“Sengaja kita bagi beberapa kelompok untuk mempertimbangkan protokol kesehatan. Kami optimis surat suara akan steril dan siap digunakan oleh para pemilih untuk menentukan calon pemimpin kota Samarinda,” tegas Firman. (dho)

Loading