Strategi Pemkab Kukar 3 Kali Musim Panen

Loading

TENGGARONG, Swarakaltim.com -Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) terus berupaya meningkatkan hasil panen pertanian dan saat ini telah memiliki tiga titik lokasi (wilayah) daerah pertanian modern dan sudah memproduksi pangan dengan hasil yang baik serta dengan sarana prasarana serta infrastruktur yang baik.
 
Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutai Kartanegara (Kukar), Sutikno mengatakan bahwa strategi dalam peningkatan hasil produksi pertanian yakni melakukan pembinaan serta pemberdayaan masyarakat dengan memberikan bantuan sebagai penunjang dalam bertani.

Kadis Pertanian dan Peternakan Kukar, Sutikno SP.MM

“Saat ini, ada tiga wilayah tersebut yakni wilayah pantai Kecamatan Marang Kayu, wilayah tengah Kecamatan Loa Kulu, dan wilayah hulu yakni Kecamatan Sebulu dan Muara Kaman,” lanjutnya.
 
Ia mengatakan hasil pertanian di Kukar terus meningkat saat ini sangat signifikan. Sehingga, pihaknya mendorong metode full mekanisasi pertanian modern yang dibagi dalam tiga wilayah.
 
“Kami melaksanakan secara bertahap untuk melakukan pengenalan ilmu teknik dan penggunaan alat bantu dalam melakukan proses aktivitas pertanian, mulai dari mengolah tanah, menanam bibit, memupuk, hingga memanen,” paparnya.
 
Sutikno mengungkapkan Pemkab Kukar telah memfasilitasi kelompok tani dan Kelompok Usaha Bersama (KUB) berbentuk bantuan stimulant serta dalam penerapannya masih membutuhkan pendampingan di lapangan, oleh karena itu pihaknya melakukan pendampingan secara intensif di lapangan, hal itu dilakukan agar para petani bisa meraih hasil yang maksimal
 
“Bantuan tersebut berupa alsintan, kapur pertanian guna mengurangi kadar tanah asam, serta pupuk, alat penyemprotan hama dan lainnya,” ujarnya.
 
Menurutnya dalam rangka menyambut Ibu Kota Negara (IKN), dan Kukar merupakan salah satu penompang pangan, mereka berupaya hasil pertanian bisa 3 kali musim panen.
 
“Dengan pemberdayaan peningkatan SDM di bidang pertanian, dan mengarah para pemuda agar bisa melakukan pekerjaan di bidang pertanian, karena pendapatan nya cukup mensejahterakan,” katanya.
 
Ia mengharapkan tahun yang akan datang bisa lebih meningkatkan lagi hasil produksi pertanian.(ADV/AI)

Editor: Doni