Bahas Strategi Sektor Pariwisata, IPKS Gelar Dialog Interakti Bersama 3 Paslon Walikota

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Insan Pariwisata Kota Samarinda (IPKS) telah melakukan dialog interaktif dengan ketiga Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda 2021– 2024 dengan tiga lokasi yang berbeda dan topik yang sama yakni Pengembangan Sektor Pariwisata, Investasi , Ekonomi Kreatif dan UMKM.

Untuk paslon nomor urut 01 yakni M Barkati –Darlis Pattalongi diadakan di Hotel Selyca dan yang hadir di acara tersebut calon Wakil Wali Kota Darlis Pattalongi, untuk paslon nomor urut 02 yakni Andi Harun – Rusmadi dilaksanakan di Hotel Swiss Bell pada Jumat 20 November 2020 dan dihadiri Calon Wali Kota Andi Harun, dan nomor urut 03 dari paslon H Zairin Zein – H Sarwono dan kedua paslon ini hadir lengkap pada kegiatan Dialog Interaktif yang dilaksanakan di Hotel Grand Kartika pada Senin (30/11/2020) Kemarin malam.

Kegiatan dihadiri sejumlah para penggiat pariwisata, pelaku UMKM, Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Samarinda serta perwakilan tokoh masyarakat yang tergabung dalam IPKS.

Saat ditemui awak media Ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA)
Kaltim Adith Raharjo, mengungkapkan bahwa IPKS sudah berdiskusi ketiga paslon Wali Kota Samarinda dan Wakil Wali Kota Samarinda, dan mereka telah memiliki konsep sendiri dan mempunyai kelebihan.

“Program kerja serta Visi dan Misi nya ada konsen di bidang Pariwisata, tinggal implementasinya kedepannya,” lanjut Adith yang juga menjabat sebagai General Manager Swiss Bell Hotel Borneo Samarinda.

Ia menilai dari hasil diskusi sangat bagus semuannya, yakni membangun dan membangkit bidang pariwisata di kota samarinda jika terpilih salah satu paslon tersebut.

“Dan kegiatan ini sungguh luar biasa, karena baru Pilkada ini para paslon hadir untuk memberikan pernyataan konsennya termasuk bidang peningkatan dunia pariwisata,” ujarnya.

Ia mengharapkan pariwisata kedepan mempunyai lebih konsep yang tepat dan diterima semua pihak, dan itu bisa dilaksanakan oleh paslon nantinya, sehingga bisa menciptakan suasana baru wisata Samarinda.

Di tempat yang sama, Armunanto Somalinggi selaku moderator dialog interaktif ini menjelaskan kesimpulan dari ketiga paslon tersebut upaya peningkatan PAD bidang pariwisata jika terpilih nantinya.

“Paslon nomor 01 yang dihadiri oleh Darlis Pattalongi mempunyai program untuk pemekaran kota Samarinda dan melanjutkan pembenahan kawasan Sungai Karang Mumus,” paparnya.

Untuk paslon nomor urut 02 yang dihadiri oleh Andi Harun kedepannya akan membenahi dan pembangunan tempat wisata dengan harapan jumlah kunjungan wisatawan ke samarinda bisa naik 15 persen.

“Sedangkan Paslon nomor urut 03 yang dihadiri kedua paslon tersebut berupaya untuk tingkatkan sektor wisata, mereka akan mulai dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dibekali dengan pelatihan termasuk sektor UMKM, akan diberi pelatihan bagaimana mengemas masakan khas, seperti amplang, ikan asin, dan seterusnya, yang menjadi oleh-oleh agar lebih menarik lagi,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini calon Wakil Wali Kota Samarinda Sarwono juga turut menambahkan bahwa 3 hal yang tercantum dalam peraturan daerah, yang Pertama, penetapan kawasan pengembangan wisata, yang Kedua pengambangan produk pariwisata, dan terakhir, fokus pemgembangan pariwisata,” terang Anto (sapaan akrabnya) yang juga menjabat General Manager Hotel Grand Kartika Samarinda.

“Sarwono menyebutkan juga bahwa Pihaknya akan libatkan kaum milenial untuk sayembara membuat desain wisata Samarinda. Mereka menilai, kaum milenial sangat kreatif. Karena itu, perlu dirangkul dengan kemampuannya untuk mengenalkan Samarinda hingga level dunia,” tukasnya. (AI)

Bagikan:

Related posts